SUARA INDONESIA

SATGAS PPA Siap Gempur Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Jember

Wildan Mukhlishah Sy - 11 August 2022 | 18:08
Pemerintahan SATGAS PPA Siap Gempur Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Jember

JEMBER- Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA) Kabupaten Jember, siap menggempur oknum-oknum yang melakukan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Satgas tersebut merupakan program Polres Jember, yang bekerjasama denganf Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Dinas Pendidikan (Dispendik), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos) Jember.

Tak hanya itu, Kejaksaan Negeri Jember, Kementerian Agama Jember, LBH Jentera Indonesia dan sejumlah psikilog, juga menjadi bagian dari Satgas PPA Jember.

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo menjelaskan, tujuan dari pembentukan Satgas adalah bekerjasama dengan stake holders dan masyarakat untuk melakukan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Jember.

Selain itu, juga memberikan penanganan terhadap korban dan penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan kekerasan.

"Keberadaan Satgas ini, diharapkan dapat memberikan edukasi dan menekan angka kekerasan pada perempuan dan anak di Jember," ungkap AKBP Hery saat memberikan sambutan.

Beberapa langkah yang akan dilakukan oleh Tim Satgas PPA Jember, diantaranya melakukan deteksi dini, aksi dan mapping wilayah atau institusi pendidikan yang rawan terjadi pencabulan.

Selanjutnya, sosialisasi di institusi pendidikan dengan audiensi guru, orang tua dan murid terkait pencegahan dan tidak segan melaporkan apabila terjadi pencabulan.

Satgas PPA Jember juga akan menyiapkan tim trauma healing, untuk mengatasi trama yang dialami oleh korban. 

Kemudian, menyediakan layanan konsultasi psikologi terhadap korban dan orang tuanya, serta sejumlah langkah lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jember Hendy Siswanto mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember sangat mengapresiasi program tersebut.

Hendy menegaskan, pihaknya siap untuk memberikan dukungan penuh kepada Satgas PPA Jember, salah satunya dengan mengusahakan agar sosialisasi dapat terlaksana dengan baik.

"Ini memang menjadi masalah yang harus dihadapi bersama-sama. Harapannya kegiatan ini bisa benar-benar dijalankan dengan konkret," tandasnya.



Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV