SUARA INDONESIA

Kecamatan Tongas Masuk 5 Besar Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan Provinsi Jawa Timur

Lutfi Hidayat - 16 November 2022 | 17:11 - Dibaca 1.90k kali
Pemerintahan Kecamatan Tongas Masuk 5 Besar Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan Provinsi Jawa Timur
Wakil Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko bersama Ketua Tim Penilai Sinergitas Kinerja Kecamatan Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun di Pendapa Kecamatan Tongas

PROBOLINGGO - Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko menerima kunjungan lapangan Tim Penilai Sinergitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan dari Provinsi Jawa Timur.

Rombongan Tim Penilai Sinergitas Kinerja Kecamatan itu diterima di Pendapa Kecamatan Tongas, Rabu pagi (16/11/2022).

Kecamatan Tongas masuk kategori 5 besar kecamatan yang lolos dalam tahap seleksi awal oleh Tim Penilai Sinergitas Kinerja Kecamatan dari lebih 30 kecamatan seluruh Jawa Timur.

Wabup Timbul mengatakan kedatangan tim penilai itu bukan hanya sekedar melakukan survei lapangan untuk menentukan kecamatan mana yang akan keluar sebagai pemenang di tingkat Jawa Timur.

Lebih dari itu, penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan tersebut untuk menunjukkan dan memotivasi seluruh Camat dan pegawai di kecamatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Yang sangat penting dari penilaian ini bukan siapa juaranya. Tapi sejauh mana pelayanan yang diberikan kecamatan itu dapat menyentuh masyarakat," ungkapnya.

Timbul menyebut Camat merupakan kepanjangan tangan Bupati Probolinggo dalam menjalankan program dan kinerja kepada masyarakat.

Oleh sebab itu diperlukan inovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

"Seperti saya katakan saat pelantikan (Camat) kemarin. Camat itu harus gelisah, karena jika gelisah pasti akan menemukan inovasi program dan kinerja yang dibutuhkan masyarakat," imbuhnya.


Sementara ketua Tim Penilai Sinergitas Kinerja Kecamatan Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun menyampaikan apresiasinya kepada Camat Tongas, Abdul Ghafur yang telah menjadi Camat terbaik di Kabupaten Probolinggo dan mampu bersaing sebagai 5 besar kecamatan se-Jatim.

"Selamat ya pak Abdul Ghafur, karena bapak adalah Camat terbaik se-Kabupaten Probolinggo. Juga Camat terbaik karena masuk lima besar dari lebih 30 kota/kabupaten di Jawa Timur," ungkapnya.

Senada dengan Wabup Probolinggo, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur itu membeberkan substansi dari penilaian sinergitas kinerja kecamatan tersebut.

Ia mengatakan penilaian bukan hanya sekedar program dan data dari kinerja Camat, tapi sejauh mana kecamatan bisa memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat.

"Kami nanti bersama para juri akan turun langsung untuk menilai apakah pemaparan Camat kepada tim penilai itu sesuai dengan kenyataan di lapangan. Kami akan cek nanti pelayanan administrasinya, sinergitasnya dengan sektor lain bahkan juga akan menemui masyarakat langsung," ungkapnya.

Sebagai informasi, Kecamatan Tongas melakukan beberapa inovasi program pelayanan kepada masyarakat yang melibatkan sinergitas lintas sektor.

Meliputi bidang layanan administrasi dan klinik perijinan di tingkat desa dan kecamatan, layanan bidang kesejahteraan rakyat dengan program Si Gercep Dini yang berfokus pada pencegahan pernikahan dini sebagai pemicu terjadinya stunting pada anak. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024