SUARA INDONESIA

Sinergitas Lintas Sektor TMMD 2023: Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat

Mohamad Alawi - 10 May 2023 | 11:05 - Dibaca 1.00k kali
Pemerintahan Sinergitas Lintas Sektor TMMD 2023: Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat membuka acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2023 di Lapangan Desa Randuharjo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto pada Rabu (10/5/2023).

MOJOKERTO - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, secara resmi membuka acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2023 di Lapangan Desa Randuharjo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto pada Rabu (10/5/2023). Acara ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas antara TNI dan rakyat dalam upaya pembangunan.

”TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Pemerintah Daerah (Pemda), dan masyarakat yang melibatkan lapisan masyarakat. Program ini bertujuan untuk mewujudkan pemerataan nasional yang adil dan sejahtera, serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ungkap Bupati Ikfina usai acara kepada awak media di lokasi.

Menurut orang nomor satu di Bumi Majapahit ini, pada tahun 2023, TMMD di Kabupaten Mojokerto diakomodir dengan anggaran sebesar 1,6 miliar rupiah dari APBD 2023 Kabupaten Mojokerto.yang tertuang dalam RPJMD 2023.

“Tidak hanya dari APBD Murni 2023, namun ada juga bantuan dari panglima TNI dan masyarakat,” ujar BUpati Ikfina.

Dalam pelaksanaannya, TMMD melibatkan berbagai aspek pembangunan, baik fisik maupun non-fisik. Pembangunan fisik meliputi; peningkatan sarana dan prasarana infrastrruktur dasar. Seperti, Pembagunan Jalan dan pembangunan lingkungan desa, rehab ruang perpustakaan SDN Randuharjo 2, pembangunan rumah layak huni, jamban keluarga dan rehabilitasi musholla Nurul Hidayatullah desa Arjosari.

“Kami juga telah menggelar Pra TMMD. Kita berharap kegiatan ini mampu meningkatkan roda perekoniam masyarakatkhususnya desa Randuharjo Kecamatan Pungging,” terangnya.

Sementara itu, dalam aspek non-fisik, dilakukan berbagai kegiatan seperti penyuluhan sosialisasi, ketertiban masyarakat, wawasan kebangsaan, ekonomi, dan produktivitas. Ia menambahkan, dalam kegitan TMMD ini dilaksanakan pelatihan Pola asuh 1000 hari pertama kehidupan , pemenuhan gizi balita dan ibu hamil, sosialisasi wawasan kebangsaan, sosialisasi keamanan dan ketertiban masyarakat, sosialisasi dampak buang air besar sembarangan pada stunting, sosialisasi penanggulangan bencana, sosialisasi penurunan angka stunting di Kabupaten Mojokerto, peran Satlinmas dalam keamanan dan ketertiban masyarakat, sosialisasi kearsipan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat desa melalui BUMDes, sosialisasi evaluasi perkembangan desa menuju desa mandiri, dan sosialisasi pemberdayaan lembaga masyarakat desa .

Sedangkan pelatiahan dan pemberian bantuan diantaranya adalah senam dan gebyar meminum tablet tambah darah bersama, pelatihan ecoprint, pelayanan kependudukan keliling e KTP, KIA, Akte Kelahiran, Akta kematian, dan KK, Pelatihan kue Kering, layanan mobil perpustakaan keliling, dan pemberian bantuan desinfektan kesehatan hewan.

“Selain itu, juga diadakan kegiatan senam, gebyar, dan workshop batik untuk meningkatkan produktivitas dan memanfaatkan potensi yang ada guna menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera dan berbasis kearifan lokal. Tidak hanya itu, masyarakat juga mendapatkan layanan kependudukan keliling, pelatihan pembuatan kue kering, dan pemberian desinfektan untuk kesehatan hewan,” terang Bupati Ikfina.

Dalam rangka mempromosikan produk unggulan di kecamatan Pungging, diadakan pameran yang menampilkan berbagai produk lokal. Dispendukcapil juga memberikan layanan kepada masyarakat seputar administrasi kependudukan.

Bupati Ikfina menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan sinergitas yang telah mendukung TMMD ke-116 ini. Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktif mensukseskan program ini.

Upacara tersebut dihadiri oleh peserta dari berbagai elemen, termasuk TNI, Polres, Linmas, Ormas, dan Kwarcab Pramuka Kabupaten Mojokerto. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Dandim 0815 Mojokerto, Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, SE, 082 Citra Panca Yudha Jaya, Kolonel Unang Sudargo, Forkopimda Kabupaten Mojokerto , serta beberapa OPD terkait.

 

 

 

 

 

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024