SUARA INDONESIA

Sambut Ramadhan, Pemuda Asal Purworejo Ubah Sampah Jadi Makanan

Agus Sulistya - 11 April 2021 | 21:04
Peristiwa Daerah Sambut Ramadhan, Pemuda Asal Purworejo Ubah Sampah Jadi Makanan

PURWOREJO - Dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan ada yang unik dari para pemuda di Desa Trirejo, yaitu mereka membuka Pasar Uwuh di lapangan Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (11/04/2021).

Vebrian Mahendra selaku koordinator pasar uwuh mengatakan, bahwa Pasar Uwuh tersebut besok bakal menyediakan berbagai jenis kuliner dan aneka makanan takjil selama bulan ramadhan untuk membelinya warga bisa menggunakan sampah yang ditukar dengan kupon sebagai alat belanja di pasar tersebut.

"Hari ini merupakan pra pembukaan pasar uwuh, nanti akan dibuka secara resmi pada Selasa (13/4/2021), dan akan dibuka selama 30 hari atau selama bulan ramadhan," katanya.

Lebih lanjut, Mahendra mengungkapkan, kalau di pasar uwuh tersebut nantinya panitia akan menyediakan sekitar 16 stand kuliner aneka makanan takjil dan kuliner yang disediakan.

"Saya berharap pasar uwuh bisa menjadi pasar ramah lingkungan, karena dalam pasar uwuh ini semua terbuat dari bahan alam, pasar sendiri akan dibuka mulai pukul 14.00 wib hingga sore hari," ucapnya.

Mahendra menambahkan, selain menyajikan aneka makanan kuliner, pasar uwuh juga akan menyuguhkan sejumlah pementasan musik atau lainya selama ramadhan. 

"Untuk jenis sampah yang bisa ditukar adalah sampah plastik, kertas, besi dan sampah - sampah yang bisa didaur ulang. Jadi tidak sembarangan sampah yang bisa kita terima namun sampah yang ada nilai ekonomisnya," imbuhnya.

Sementara itu, Hanifah Anggraini salah satu warga Desa Trirejo yang hadir dalam pra pembukaan mengaku senang dengan dibukanya pasar tersebut karena bisa menukarkan sampah dengan makanan.

"Saya merasa seneng dengan adanya pasar uwuh ini karena bisa membawa sampah untuk ditukarkan dengan kupon untuk belanja," singkatnya.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV