SUARA INDONESIA

Sebagian Wilayah di Banyuwangi Sudah Memasuki Musim Penghujan Lebih Awal

Muhammad Nurul Yaqin - 15 September 2022 | 14:09 - Dibaca 1.26k kali
Peristiwa Daerah Sebagian Wilayah di Banyuwangi Sudah Memasuki Musim Penghujan Lebih Awal
Prakirawan BMKG Banyuwangi Benny Gumintar, saat memberikan keterangan musim penghujan terjadi lebih awal, Kamis (15/9/2022). (Muhammad Nurul Yaqin).

BANYUWANGI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, sebagian wilayah di Banyuwangi telah memasuki musim hujan lebih awal. Daerah-daerah itu meliputi sebagian besar wilayah Banyuwangi barat hingga selatan. 

Prakirawan BMKG Banyuwangi Benny Gumintar mengatakan, wilayah tersebut memasuki musim penghujan pada September dasarian I. "Jadi musim hujannya maju untuk di bagian wilayah itu," cetusnya, Kamis (15/9/2022).

Sementara, lanjut Benny, puncak musim penghujan di wilayah tersebut diprediksi akan terjadi pada Desember 2022 - Januari 2023. Sedangkan wilayah yang paling akhir memasuki musim hujan yakni kawasan Banyuwangi utara hingga timur. 

"Di Banyuwangi barat dan selatan untuk puncak musim hujannya diprediksi Desember - Januari. Sementara Banyuwangi utara dan timur itu bisa Januari - Februari 2023 baru memasuki musim hujan," jelasnya.

Benny membeberkan, curah hujan akhir-akhir cenderung tinggi karena dipengaruhi faktor cuaca regional. Dimana angin bertekanan rendah berhembus dari wilayah Australia hingga ke Kalimantan.

"Angin-angin ini membawa awan-awan hujan. Sehingga menyebabkan sebagian wilayah di Indonesia mengalami hujan," urainya.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Apabila curah hujan tinggi, waspadai potensi angin kencang dan petir. Serta saat perjalanan di darat juga hati-hati jalanan licin, karena curah hujan meningkat," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV