SUARA INDONESIA

KPU Jombang Rampungkan Rekapitulasi Hasil Suara 21 Kecamatan Ini Harapannya

Gono Dwi Santoso - 03 March 2024 | 12:03 - Dibaca 1.26k kali
Peristiwa KPU Jombang Rampungkan Rekapitulasi Hasil Suara 21 Kecamatan Ini Harapannya
Suasana rekapitulasi penghitungan hasil suara oleh KPU Kabupaten Jombang di Hotel Yusro Jombang, Minggu (03/03/2024).( Foto : Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia).

 

SUARA INDONESIA, JOMBANG,- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang sudah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten Jombang selanjutnya KPU Jombang akan melakukan rapat pleno di tingkat Provinsi Jawa Timur, Minggu (03/03/2024).

Pantauan dilokasi rapat pleno terbuka masing masing kecamatan yang tersisa membacakan rekapitulasi hasil penghitungan surat suara di tingkat Kecamatan dan dalam pembacaan rekapitulasi hasil ini selesai pada Minggu (03/03/2024) pukul 01.00 Wib.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit beberapa catatan dari Bawaslu Jombang dan dilakukan pembenahan dalam kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan suara tersebut di hotel Yusro Jombang.

Setelah selesai pembacaan hasil rekapitulasi  hasil penghitungan suara kemudian dilakukan pencermatan rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh saksi dan Bawaslu Jombang dan dilanjutkan penandatanganan salinan hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Dikonfirmasi terkait rekapitulasi hasil penghitungan suara,  Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten sudah selesai dibacakan oleh 21 Kecamatan.

" Dimana rapat pleno terbuka dimulai pada tanggal 29 Februari - 3 Maret dan berjalan dengan lancar lima kecamatan dihari pertama ,delapan dihari kedua dan delapan kecamatan di hari ketiga Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan keterbukaan dan selesai tepat waktu," terangnya.

Burhan mengatakan setelah rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten ini KPU Kabupaten Jombang akan menyampaikan logistik ini ke provinsi Jawa Timur dan KPU Jombang bersiap untuk melaksanakan undangan KPU Provinsi untuk rekapitulasi.

" KPU Jombang sudah mempersiapkan dengan baik agar pelaksanaan rekapitulasi di tingkat Provinsi Jawa Timur berjalan dengan lancar mudah - mudahan rekapitulasi di tingkat Kabupaten ini lancar nanti rekap di tingkat Provinsi berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang Dafid Budiyanto mengatakan dalam pengawasan melekat Bawaslu Jombang sampai hari terakhir tanggal (03 / 03 /2024) masukan dari Bawaslu Jombang maupun persoalan yang ada di SiRekap sudah diselesaikan pada saat rapat pleno terbuka tadi dengan baik.

" Terkait catatan dari Bawaslu Jombang ada pemilih DPK ( daftar pemilih khusus) ada perubahan,dan ada beberapa juga ada perolehan suara yang di betulkan baik DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten," terangnya.

Dafid menambahkan seperti mekanisme yang ada ketika dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara ditemukan ketidak cocokan dan keberatan dari saksi perserta pemilu maupun dari Bawaslu Jombang di forum rapat pleno ini langsung dilakukan pembenahan.

" Setelah ini dilanjutkan persiapan rekapitulasi di tingkat Provinsi Jawa Timur Bawaslu Jombang akan hadir juga bersama KPU Jombang untuk rapat Pleno KPU Provinsi Jawa Timur," pungkasnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV