SUARA INDONESIA

Bangunan Pelelangan Ikan dan Rumah Warga di Situbondo Jebol Akibat Banjir Rob

Syamsuri - 05 July 2024 | 13:07 - Dibaca 1.34k kali
Peristiwa Bangunan Pelelangan Ikan dan Rumah Warga di Situbondo Jebol Akibat Banjir Rob
BPBD dan Tagana Situbondo saat melakukan proses asesmen bencana banjir rob di Desa Landangan, Kapongan, Situbondo. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Bangunan pelelangan ikan dan rumah warga Dusun Pesisir, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, jebol dilanda bencana rob. Akibatnya, sejumlah bangunan rusak parah, Jumat (05/07/2024).

Akibat dari terjangan banjir rob tersebut, beberapa lantai tempat pelelangan ikan (TPI) jebol dan dapur milik Sawi (71) tergerus air laut.

Sesuai hasil asesmen Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, peristiwa itu berawal dari banjir yang terjadi selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat hari ini.

Kepala BPBD Situbondo, Sruwi Hartanto menjelaskan, kerugian materi akibat dari bencana banjir rob tersebut mencapai Rp 55 juta.

"Selain itu, lantai dan fondasi bangunan TPI ikut jebol dan satu rumah bagian dapur milik warga juga ikut tergerus air laut. Untuk kerugian, lantai TPI ditaksir kurang lebih Rp 50 juta. Sementara rumah milik Pak Sawi ditafsir mengalami kerugian sebesar Rp 5 juta," bebernya.

Lebih lanjut, Sruwi mengungkapkan, banjir rob yang melanda Desa Landangan tidak berlangsung lama. Karena air laut yang naik ke rumah warga lambat laun surut dengan sendirinya.

"Dalam kejadian rob tidak ada korban jiwa. Namun, kami mengimbau masyarakat pesisir untuk waspada terhadap kemungkinan terjadi banjir rob susulan. Mengingat iklim yang terjadi saat ini masih memasuki bulan kemarau dan musim angin timur," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV