SUARA INDONESIA

Setelah Bilik Suara, KPU Jombang Terima 7.750 Botol Tinta Pemilu 

Gono Dwi Santoso - 18 November 2023 | 12:11 - Dibaca 878 kali
Politik Setelah Bilik Suara, KPU Jombang Terima 7.750 Botol Tinta Pemilu 
Petugas KPU Jombang mengecek dan mengepak logistik tinta pemilu di gudang KPU Jombang, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG – KPU Kabupaten Jombang, Jawa Timur, kembali menerima logistik pemilu. Jika sebelumnya bilik suara, kini menerima tinta sebanyak 7.750 botol untuk perlengkapan pemungutan suara.

Tinta tersebut dimuat kendaraan ekspedisi sekitar pukul 09.00 Wib, Sabtu (18/11/2023). Setibanya di kantor KPU Jombang, dilakukan serah terima barang, kemudian diturunkan ke gudang KPU setempat.

Komisioner KPU Jombang Divisi Perencanaan Data dan Informasi Ayattulloh Khumaini mengatakan, sebelumnya KPU Jombang menerima bilik suara sebanyak 15.432 unit. Disusul tinta pemilu sebanyak 7.750 botol. “Logistik ini untuk keperluan di tempat pemungutan suara nanti," terangnya.

Ayat menjelaskan, kebutuhan tinta tersebut untuk mencukupi 3.858 TPS di Kabupaten Jombang. Dengan rincian kebutuhan masing-masing TPS sebanyak dua botol.

“Ada kelebihan untuk cadangan sebanyak 34 botol. Logistik ini untuk pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang," jelasnya.

Menurutnya, tiap botol berisi 40 milimeter. Tinta tersebut merupakan tinta organik yang ramah lingkungan. Selain itu, juga memiliki sertifikasi halal dari kementrian atau lembaga yang membidangi urusan kehalalan produk.

PT Kudo Indonesia Jaya merupakan penyedia produk tinta berbasis tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). “Bahan dasar pembuatan tinta Pemilu 2024 kali ini adalah ekstrak gambir, ditambah beberapa bahan, alkohol dan pelarut lainnya," paparnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV