SUARA INDONESIA

KPU Jombang Mulai Rakit Kotak Suara Berbahan Kardus yang Kedap dan Tahan Air

Gono Dwi Santoso - 07 December 2023 | 14:12 - Dibaca 1.20k kali
Politik KPU Jombang Mulai Rakit Kotak Suara Berbahan Kardus yang Kedap dan Tahan Air
Staff KPU Jombang Heri Subagyo saat melakukan pengecekan perakitan logistik pemilu kotak suara di gudang KPU Jombang,Kamis (07/12/2023)( Foto: Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG - KPU Jombang, Jawa Timur, mulai merakit kotak suara untuk Pemilu 2024. Sementara ini, jumlah kotak suara yang dirakit itu hanya 5.935 buah dari total kebutuhan 19.290 kotak suara untuk 3.858 TPS yang tersebar di kabupaten setempat.

Pantauan di lokasi, ratusan kotak suara mulai dirakit oleh pekerja satu per satu di gudang KPU Jalan Prof M. Yamin, Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Kamis (07/12/2023). Namun sebelumnya, petugas KPU mengecek terlebih dulu kelayakan kotak suara tersebut.

Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi menjelaskan, saat ini KPU Jombang menerima logistik kotak suara sebanyak 5.935 buah.

Menurutnya, semua kotak suara yang tiba dicek terlebih dahulu oleh petugas KPU tentang kelayakannya sesuai spesifikasi teknis. Perlu diketahui, ukuran kotak suara yang sudah dirangkai memiliki panjang 40 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 60 cm.

Sementara, bahan kardus yang digunakan adalah karton dupleks yang kedap dan tahan air. Beratnya mencapai 2,26 kilogram. Jika diisi kertas suara, memiliki daya angkut antara 20 kg hingga 30 kg.

"Tentu kami akan memeriksa seluruh logistik yang sudah kami terima untuk memastikan bahwa logistik dalam keadaan baik. Jika ada yang tidak baik atau rusak, sesuai ketentuan kami akan ajukan untuk diganti penyedia ke sistem informasi logistik," paparnya.

Burhan mengatakan, untuk pengadaan logistik tahap satu hampir semuanya sudah KPU terima. Hanya tinggal kekurangan kotak suara saja.

“Harapan KPU Jombang, kekurangan bisa segera diselesaikan oleh penyedia, sehingga pengadaan logistik tahap kedua yang mulai dicetak tanggal 19 Desember 2023 nanti, kami bisa menggunakan kotak suara tersebut," paparnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV