SUARA INDONESIA

KNPI Kabupaten Malang Serukan Enam Imbauan, Salah Satunya tentang Netralitas TNI Polri

Aditya Mahatva Yodha - 07 January 2024 | 21:01 - Dibaca 956 kali
Politik KNPI Kabupaten Malang Serukan Enam Imbauan, Salah Satunya tentang Netralitas TNI Polri
Ketua DPD KNPI Kabupaten Malang, Zulham Akhmad Mubarrok (Foto: Dokumen KNPI Kabupaten Malang)

SUARA INDONESIA, MALANG – Demi menciptakan suasana kondusif menjelang Pemilu 2024, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Malang, Zulham Akhmad Mubarrok, memberikan imbauan.

Imbauan itu ditujukan kepada 33 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI se- Kabupaten Malang, serta organisasi kepemudaan lainnya.

"Kami merasa perlu menciptakan kondusivitas, peningkatan kewaspadaan pemuda jelang pelaksanaan pemilu 2024," ujar Zulham Akhmad Mubarrok kepada Suaraindonesia.co.id, Minggu (7/1/2024).

Imbauan ini menurut Zulham, untuk menyikapi dinamika dan polarisasi politik baik di level nasional maupun lokal yang mulai memanas, serta berpotensi memicu konflik horizontal.

Ada enam imbauan yang diserukan kepada para kader dan pemuda. Pertama, diharapkan KNPI terlibat aktif dalam upaya menjaga kondusivitas wilayah masing-masing dan mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan pemilu yang damai dan kondusif.

Kedua, melakukan upaya persuasif secara terstruktur kepada jejaring pemuda di beragam komunitas yang ada di lingkup kecamatan untuk terlibat aktif dalam pemilu dan menekan angka golput. Amplifikasi gerakan persuasif melalui postingan media sosial pribadi maupun media sosial organisasi dengan menandai akun-akun influencer pemuda lokal maupun nasional. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pemuda terhadap tegaknya demokrasi di Indonesia.

Ketiga, melakukan patroli siber maupun pemantauan tertutup dan melaporkan setiap temuan terkait ketidaknetralan/keberpihakan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI maupun Polri dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Bila mendapati temuan lapangan agar menyertakan bukti terlampir berupa dokumen maupun rekaman audio dan atau audio visual kepada tim khusus yang telah ditunjuk oleh DPD KNPI Kabupaten Malang.

Keempat, berkomunikasi aktif dengan jejaring Organisasi Kepemudaan (OKP) yang bernaung dibawah KNPI Kabupaten Malang untuk meminimalisasi gesekan dan potensi konflik antarpemuda, yang dipicu oleh perbedaan dukungan dan atau afiliasi politik kepada partai tertentu dan atau paslon capres tertentu.

Kelima, menyusun secara tertulis temuan dan dinamika isu kepemudaan yang terjadi di masing-masing wilayah sebagai pengumpulan data dan keterangan. Ini untuk bahan rilis media massa yang akan dilakukan pada masa tenang Pemilu 2024 oleh DPD KNPI Kabupaten Malang.

Keenam, melaksanakan instruksi Ketua DPD KNPI Kabupaten Malang ini dengan penuh tanggung jawab, sejak mulai berlaku pada tanggal yang ditetapkan.

"Kami mengajak seluruh komponen bangsa juga pemuda tanpa terkecuali bersatu, menyukseskan pesta demokrasi untuk menciptakan Indonesia makmur dan sejahtera," pungkas Zulham. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya Mahatva Yodha
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV