SUARA INDONESIA

11.942 Personel Gabungan di Banyuwangi Diterjunkan Amankan Pemilu

Muhammad Nurul Yaqin - 12 February 2024 | 17:02 - Dibaca 1.16k kali
Politik 11.942 Personel Gabungan di Banyuwangi Diterjunkan Amankan Pemilu
Apel Gelar Pasukan dan Serpas Ops Mantap Brata Semeru 2024 di Gesibu Blambangan, Senin (12/2/2024). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Pemilu serentak yang akan digelar pada 14 Februari 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur, menjadi atensi penuh.

Belasan ribu personel gabungan disiagakan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 di ujung timur pulau Jawa itu.

Persiapan dilakukan dengan Apel Gelar Pasukan dan Serpas Ops Mantap Brata Semeru 2024 di Taman Blambangan, Senin (12/2/2024). 

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan kegiatan apel gelar pasukan merupakan kesiapan akhir dalam rangka mengamankan tahapan pemilu. 

Utamanya pengamanan pada saat momen pemungutan dan perhitungan suara pemilu. Ipuk pun berharap para personel, menjalankan tugas dengan tulus dan sebaik-baiknya. 

"Saya berharap para personel bekerja dengan tulus karena akan bernilai ibadah. Tugas ini tidak dapat dinilai dengan apapun," kata Ipuk yang menjadi pemimpin apel. 

Ipuk menyebut tahap pemungutan dan perhitungan adalah tahap paling krusial dalam Pemilu. Sebab pada tahap ini berbagai gangguan dimungkinkan terjadi. 

Oleh karenanya Ipuk berpesan kepada para personel untuk memahami tugas pokok, memahami peta kerawanan wilayah dan mengedepankan sinergi. 

"Sehingga jalannya pemilu dapat berjalan aman, nyaman, lancar tanpa adanya gangguan. Mudah-mudahan semuanya sukses," tegas Ipuk.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono mengatakan total personel gabungan yang diterjunkan sebanyak 11.942.

Terdiri dari 900 personel Polresta Banyuwangi, 367 personel Kodim 0825 Banyuwangi, 100 personel BKO Polda Jatim, 1 SST Brimob Polda Jatim, 200 personel Satpol PP, 30 petugas Dishub Banyuwangi dan 10.000 personel Linmas.

"Para personel langsung geser ke masing-masing TPS," kata Nanang. 

Berkaca pada pemilu sebelumnya dimana banyak petugas Pemilu yang sakit dan meninggal, Nanang mengimbau kepada seluruh personil yang terlibat untuk menjaga kesehatan dan memastikan kondusifitas.

"Kami imbau personel untuk menjaga kesehatan. Kami juga mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya di TPS," imbaunya. 

Sebagai informasi Apel ini turut dihadiri sejumlah Forkopimda Banyuwangi. Pejabat Kodim 0825 Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Komisioner KPU dan Bawaslu Banyuwangi.

Apel ini ditutup dengan doa bersama tokoh lintas agama. Diharapkan jalannya Pemilu di Banyuwangi aman lancar tanpa ada gangguan. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV