SUARA INDONESIA

Jelang Coblosan, KPU Surabaya Pastikan Keamanan Distribusi Logistik Pemilu

Lukman Hadi - 12 February 2024 | 18:02 - Dibaca 890 kali
Politik Jelang Coblosan, KPU Surabaya Pastikan Keamanan Distribusi Logistik Pemilu
Komisioner KPU Surabaya, Subairi saat memaparkan terkait regulasi pelaksanaan Pemilu 2024, Senin (12/02/2024). (Foto: Lukman/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SUARABAYA, Menjelang H-2 pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya memastikan pendistribusian logistik Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

Meskipun pada awalnya, KPU menemukan adanya beberapa surat suara yang mengalami kerusaka seperti berlubang hingga salah cetak. Tapi, dipastikan yang sudah didistribusikan di tingkat kelurahan maupun kecamatan terjamin aman.

"Kami pastikan tidak ada yang tercoblos. Jadi yang didistribusikan tidak ada yang cacat," ungkap Komisioner KPU Surabaya, Subairi, Senin (12/02/2024).

Subairi menegaskan, pendistribusian logistik Pemilu sudah dilakukan dengan pengawasan ketat dari pihak TNi, Polri serta Bawaslu. KPU meminimalisir kerusakan logistik Pemilu saat pendistribusian.

"Antisipasi itu yakni melakukan pengangkutan kotak dan surat suara dengan menggunakan kendaraan tertutup," kata Divisi Sosial, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM tersebut.

Hal lainnya, mantan jurnalis ini menyatakan, masa tenang sudah berlaku. Jadi tidak ada lagi peserta Pemilu yang memasang alat peraga kampanye (APK) dalam bentuk apapun.

"Selama masa tenang, peserta Pemilu dilarang berkampanye dalam bentuk apapun. Itu untuk memberi kesempatan pemilih melakukan perenungan siapa yang akan dipilih," bebernya.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya ialah perlunya sosialisasi kepada masyarakat mengenai jumlah dan jenis surat suara pada Pemilu 2024. "Ini penting (surat suara) untuk disampaikan ke masyarakat," tuturnya.

Seperti diketahui, pesta demokrasi dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024. Adapun Pemilu di antaranya, Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) DPR tingkat kota, provinsi hingga pusat, dan DPD. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV