SUARA INDONESIA

Klaim Menang di Pileg 2024, PDIP Optimistis Pertahankan Kursi Ketua DPRD Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 20 February 2024 | 14:02 - Dibaca 1.57k kali
Politik Klaim Menang di Pileg 2024, PDIP Optimistis Pertahankan Kursi Ketua DPRD Banyuwangi
Ketua DPC PDIP Banyuwangi sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara. (Foto: Dok. suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, diprediksi kembali menjadi pemenang di kontestasi Pileg 2024.

Ketua DPC PDIP Banyuwangi, I Made Cahyana Negara mengklaim, partai berlogo banteng moncong putih tersebut telah meraih 11 kursi di parlemen.

Hal itu, ucap Made, berdasarkan hasil perhitungan manual di internal partai. PDIP diperkirakan memperoleh 11 kursi dan berpotensi menambah satu kursi menjadi 12 kursi dewan.

Ia mengklaim sebagai pemenang, karena pesaing utama PDIP di Banyuwangi yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kemungkinan hanya bisa mendapatkan 9 kursi saja.

Dengan dominasi perolehan kursi tersebut, Made yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi itu optimistis jika posisi ketua DPRD masih milik PDIP.

"Artinya kursi Ketua DPRD Banyuwangi bisa diamankan, karena kita pemenang," tegas dia kepada wartawan, Selasa (20/2/2024).

Dia menjelaskan ada beberapa dapil yang menyumbang dua kursi untuk PDIP. Yakni Dapil 3, 4 dan dapil 5. Untuk dapil lainnya kemungkinan hanya mendapatkan satu kursi per dapil.

Made menyebut hasil evaluasi internal, dapil yang hanya memperoleh satu kursi akan dipasang caleg yang lebih potensial.

Sebab, tambah dia, masih banyak caleg yang hanya mendapatkan suara cenderung kecil. Karena perolehan suara itu tergantung masing-masing caleg.

"Kalau calegnya potensial, bekerja di masyarakat bagus, ya hasilnya juga bagus. Kita masih banyak caleg yang dapat di bawah seribu," tegasnya.

Made menegaskan, untuk mesin partai, sudah bekerja maksimal. Sehingga ke depan pihaknya akan memastikan caleg yang maju harus benar-benar potensial.

"Kalau mesin partai sudah maksimal, tinggal masing-masing caleg yang harus dimaksimalkan lagi," tegasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV