SUARA INDONESIA

Dikabarkan Bakal Maju Pilbup Banyuwangi, Begini Tanggapan Gus Makki 

Muhammad Nurul Yaqin - 03 March 2024 | 08:03 - Dibaca 1.08k kali
Politik Dikabarkan Bakal Maju Pilbup Banyuwangi, Begini Tanggapan Gus Makki 
Ketua Tanfidziah PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini atau yang akrab disapa Gus Makki. (Foto: Dok. suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Nama-nama yang berpeluang maju menjadi Bakal Calon Bupati (Bacabup) Banyuwangi mulai bermunculan setelah hajatan Pemilu 2024 usai.

Meskipun pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan berlangsung pada November 2024 mendatang, namun sejumlah tokoh kini digadang-gadang untuk maju menjadi kandidat bakal calon bupati Banyuwangi.

Salah satu tokoh yang dikabarkan bakal maju di Pemilihan Bupati (Pilbup) Banyuwangi mendatang adalah Ketua Tanfidziah PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini.

Kiai nyentrik yang akrab disapa Gus Makki itu disebut-sebut telah mendapat dukungan dari lintas elemen masyarakat. Mulai dari kalangan masyarakat umum, NU kultural hingga jaringan pelestari seni serta budaya lokal Bumi Blambangan.

Bahkan informasi terbaru, pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, Dusun Rayut, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, ini juga telah mendapat dukungan dari sejumlah pengusaha kelas kakap, asal Ibu Kota Jakarta.

Dengan kata lain, jika ditakdirkan benar-benar Nyabup (nyalon bupati), Gus Makki dipastikan akan menjadi satu-satunya kandidat paket komplit. Yakni memiliki pendukung dari kalangan Wong Cilik, ulama, praktisi klenik Banyuwangi, sampai para pemodal besar. Bisa dibayangkan betapa besar suara yang bakal diraup.

Namun sayang, terkait kabar yang menggemparkan publik kabupaten paling ujung timur pulau Jawa ini, Gus Makki masih enggan berkomentar. Dia hanya menyebut bahwa bisa mengabdikan diri dan memberi manfaat kepada sesama dan tanah air merupakan tujuan hidup yang utama.

“Dilihat saja nanti. Tapi kiai menjabat sebagai bupati kan boleh juga,” kata Gus Makki sambil bercanda saat ditanya wartawan, Minggu (3/3/2024).

Namun perlu diakui. Selama dibawah kepemimpinan Gus Makki, PCNU Banyuwangi, memang menjadi lebih hidup serta penuh kemandirian. Berbagai kegiatan rutin, salah satunya Sobo Deso, terus digelar sepanjang tahun. Acara-acara besar NU pun terlaksana dengan lebih mentereng. Meskipun itu digeber dengan swasembada.

Paling istimewa, penerima penghargaan Positive News Maker kategori ‘Tokoh Penggerak Keberagaman 2023’ dalam ajang Anugerah TIMES Indonesia, tersebut mampu menjadi pohon beringin bagi seluruh anggota, pengurus serta keluarga besar Nahdliyin Banyuwangi. 

Gus Makki dinilai mampu mengayomi, melindungi, menjadi guru sekaligus sahabat. Serta berhasil membangun kesetiakawanan sosial didalamnya.

Jika Gus Makki benar-benar maju dan berhasil mendapat dukungan mayoritas pada Pilbup Banyuwangi mendatang, ia juga dinilai memiliki beragam program pemerintahan yang pro dengan rakyat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV