SUARA INDONESIA

Bawaslu Kabupaten Tapteng Lantik 60 Anggota Pengawas Kecamatan

Lamhot Naibaho - 25 May 2024 | 16:05 - Dibaca 972 kali
Politik Bawaslu Kabupaten Tapteng Lantik 60 Anggota Pengawas Kecamatan
Ketua Bawaslu Tapteng, Sinta Dewi Napitupulu, bersama panwascam di Ball Room Hotel PIA Pandan. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TAPTENG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melantik 60 anggota panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (panwascam), Sabtu (25/05/2024).

Puluhan panwascam tersebut dilantik untuk ikut serta menyukseskan jalannya pilkada di Tapteng yang tinggal beberapa bulan lagi.

Pelantikan ini digelar di Ballroom lantai 2 Hotel PIA Pandan dan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tapteng Sinta Dewi Napitupulu dan diikuti dua komisioner bawaslu lainnya. Tampak juga Sekretaris Bawaslu bersama Ketua KPU Tapteng Wahid Pasaribu.

Setelah diambil sumpahnya, para panwascam tersebut menandatangani pakta integritas sebagai bentuk pertanggung jawaban sebagai seorang pengawas pemilu.

Sinta mejelaskan, mekanisme rekrutmen panwascam ada dua metode. Yakni evaluasi bagi peserta eksisting dan penjaringan bagi pendaftar baru.

Untuk peserta evaluasi yang ada, setiap peserta wajib mengikuti penilaian kinerja dengan standar yang telah ditetapkan sesuai petunjuk teknis yang disampaikan Bawaslu RI.

“Peserta yang ada akan dinilai terkait instrumen hasil kinerja serta instrumen penilaian atasan langsung, untuk menentukan nilai peserta layak atau tidaknya menjadi Panwaslu Kecamatan pada Pilkada 2024,” ujar Sinta.

Sedangkan rekrutmen baru, dilakukan guna menyiapkan tenaga ad hoc dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung 27 November 2024 mendatang.

Sebanyak 60 anggota panwascam yang dilantik terdiri dari 49 anggota panwascam eksisting dan 11 anggota baru atau umum.

“Kami berharap, panwascam yang ada dan daftar baru benar-benar mempersiapkan diri sebagai pengawas pemilu yang profesional, berintegritas dan memiliki wawasan kepemiluan,” jelasnya.

Dia juga berharap agar pamwascam terlantik untuk pedomani peraturan yang berlaku.

“Saya tekankan apa yang sudah diucapkan sumpah janji tadi agar dilaksanakan dan menjadi pedoman. Kemudian kita semua harus berpedoman dan berpatokan pada hukum yang berlaku, baik PKPU maupun Perbawaslu,” ujar Dewi.

Usai dilantik, panwascam ini selanjutnya mengikuti kegiatan pembekalan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Tapteng.(*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lamhot Naibaho
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV