SUARA INDONESIA

Si Mbois Buaya Pakai Udeng Jadi Maskot Pilwali Surabaya 2024

Lukman Hadi - 11 June 2024 | 20:06 - Dibaca 367 kali
Politik Si Mbois Buaya Pakai Udeng Jadi Maskot Pilwali Surabaya 2024
Komisioner KPU Surabaya, Subairi memaparkan makna maskot buaya Si Mbois. (Foto: Lukman/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah merilis maskot Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya 2024, pada Selasa (11/06/2024).

Hal itu sekaligus menandakan usai sudah sayembara yang dilakukan KPU Surabaya dalam lomba maskot, jingle dan mars untuk Pilwali Surabaya 2024.

Komisioner KPU Surabaya, Subairi mengatakan, maskot bergambar buaya terpilih dan akan digunakan di Pilwali Surabaya.

Subairi menjelaskan, maskot buaya diberi nama Si Mbois yang memiliki akronim 'Siap Memilih dan Berdemokrasi untuk Surabaya'.

"Si Mbois ini merupakan karakter buaya yang jadi ikon yang melekat untuk Kota Surabaya. Nama itu, sekaligus menjadi doa kita bersama agar pelaksanaan Pilwali Kota Surabaya 2024 berjalan demokratis lancar dan sukses," ungkap Subairi.

Ia menyampaikan, ditetapkannya maskot Buaya ini sekaligus bertujuan untuk bisa meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya di kalangan muda sehingga berkenan menggunakan hak pilihnya di Pilwali Surabaya 2024.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini menyampaikan, maskot terpilih memiliki filosofi semangat, cerdas ramah dan bijaksana.

"Pengambilan kata Mbois sendiri agar lebih dekat dengan milenial. Terlebih, dalam bahasa Suroboyoan, kata ini juga kerap dipakai oleh anak muda karena memiliki arti keren," paparnya.

Adapun detail desain maskot dipadukan dengan tetap menjunjung tinggi kearifan budaya lokal, seperti memakai baju jarik bermotif semanggi yang merupakan khas Kota Pahlawan. Kemudian pemakaian udeng di kepala maskot Buaya.

"Jadi ada udeng yang dipakai itu melambangkan udeng khas Kota Surabaya. Juda ada dandanan milenial," terangnya. (*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV