SUARA INDONESIA

Proses Coklit Pemilih di Banyuwangi Capai 80 Persen, KPU Optimis Rampung Tepat Waktu

Muhammad Nurul Yaqin - 09 July 2024 | 12:07 - Dibaca 1.38k kali
Politik Proses Coklit Pemilih di Banyuwangi Capai 80 Persen, KPU Optimis Rampung Tepat Waktu
Proses coklit data pemilih untuk Pilkada serentak 2024 di Banyuwangi telah capai 80 persen. (Foto: Dok. KPU Banyuwangi).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Banyuwangi telah mencapai 80 persen. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi optimis seluruh tahapan coklit dapat selesai tepat waktu sebelum batas akhir pada 24 Juli 2024.

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Menurut Enot Sugiharto menyebut, capaian ini tak lepas dari kerja keras petugas Pantarlih yang tersebar di seluruh penjuru desa dan kelurahan di Banyuwangi. 

"Proses coklit sudah berjalan dengan baik di 217 desa dan kelurahan. Totalnya sudah tuntas sekitar 80 persen," ungkap Enot.

Sebanyak 5.134 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) terlibat dalam proses coklit ini. Mereka bertugas mengunjungi rumah-rumah warga untuk memastikan data pemilih terupdate dan akurat. 

Meskipun menghadapi tantangan cuaca hujan dan kondisi geografis yang sulit, para petugas tetap bersemangat menyelesaikan tugas mereka.

"Petugas Pantarlih kami bekerja tanpa kenal lelah. Mereka harus mengunjungi rumah-rumah warga, termasuk yang berada di wilayah terpencil dan di pinggiran hutan," jelas Enot.

KPU Banyuwangi juga melakukan berbagai strategi untuk mempercepat proses coklit. Salah satunya dengan melakukan pengecekan hasil coklit secara berkala dan memastikan setiap desa dan kelurahan mematuhi jadwal yang telah ditetapkan. 

"Kami melakukan percepatan dengan menghitung hasil coklit secara berkala, dan kami berharap sebelum 24 Juli selesai dilaksanakan," tambah Enot.

Optimisme KPU Banyuwangi bukan tanpa alasan. Dengan sisa waktu dua pekan lagi, dan progres coklit yang sudah mencapai 80 persen, mereka yakin dapat menyelesaikan tugas ini tepat waktu.

Enot Sugiharto juga mengimbau kepada warga yang belum didatangi petugas Pantarlih untuk bersabar. Terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah yang sulit dijangkau. 

“Jika nanti ada petugas Pantarlih datang ke rumah, cukup siapkan KTP elektronik dan identitas pendukung," saran Enot.

Dengan upaya keras dari semua pihak, KPU Banyuwangi berharap dapat menyelesaikan proses coklit tepat waktu dan memastikan Pilkada serentak 2024 berjalan lancar dan sukses.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV