SUARA INDONESIA

Ciptakan Kampung Produksi, Rizal Bawazier Caleg DPR RI Terpilih Berkomitmen Sejahterakan Masyarakat

Ragil Surono - 12 July 2024 | 18:07 - Dibaca 1.13k kali
Politik Ciptakan Kampung Produksi, Rizal Bawazier Caleg DPR RI Terpilih Berkomitmen Sejahterakan Masyarakat
Puluhan awak media mendengarkan uraian dari Rizal Bawazier. ( Foto: Ragil)

SUARA INDONESIA, PEMALANG -Berawal dari keprihatinan akan kondisi Kabupaten Pemalang yang masuk kategori daerah termiskin di Provinsi Jawa Tengah, Rizal Bawazier (RB) Caleg DPR -RI Terpilih dari Partai Keadilan sejahtera (PKS) mengajak masyarakat untuk menciptakan kampung produksi.

Masing-masing akan menghasilkan kegiatan ekonomi masyarakat yang nantinya bisa menciptakan lowongan lapangan pekerjaan.

Hal ini disampaikan oleh Rizal di hadapan puluhan wartawan Pemalang, dalam acara halalbihalal di sebuah rumah makan Kecamatan Taman, Jumat ( 12/7/2024 ).

Sejak memulai kampanye hingga akhirnya terpilih sebagai anggota, ia mengaku tetap berkomitmen  membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dengan membentuk Skill Development Center (SDC) pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Pemalang, serta tiga kabupaten lainnya di daerah pemilihannya.

Fungsi dari SDC ini kata Rizal, yakni mengidentifikasi kebutuhan industri, mengembangkan program pelatihan dan pemagangan, serta memfasilitasi sertifikasi dan penempatan tenaga kerja di Kabupaten Pemalang, yang diharapkan bisa meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Di samping masing -masing desa ada ikon produksi, sebagai ciri khas dan laju gerak ekonomi.

"Misalnya Desa Kendalsari, Kecamatan Petarukan punya ikon sebagai Kampung Kambing, lalu Dukuh Mengoneng, Kelurahan Bojongbata di kenal sebagai produk kerupuk rengginang. Dan masih banyak desa lainnya," jelas Rizal.

“Saya tidak memberi janji angin surga, namun saya hanya bisa berniat dan memasrahkan segala usaha tersebut bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pemalang,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dari pengamatannya ada dua permasalahan utama di Dapil X Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Pemalang yaitu masalah SDM dan infrastruktur jalan yang rusak. Karena itu, Rizal akan membangun SDC dan mendesak pemerintah untuk memperbaiki jalan.

“Satu kecamatan akan ada lima SDC. Pelatihan yang diberikan di SDC tersebut, nantinya melibatkan masyarakat di daerah tersebut,” tutur RB panggilan akrab dia. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV