SUARA INDONESIA

Mahasiswa Dukung Langkah KPU Jatim Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

Lukman Hadi - 15 July 2024 | 17:07 - Dibaca 1.06k kali
Politik Mahasiswa Dukung Langkah KPU Jatim Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas WR Supratman (Unipra) Surabaya audensi ke kantor KPU Jatim, Senin (15/07/2024).

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Partispasi pemilih di kalangan muda memang menjadi fokus Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasalnya, sikap apatis mereka terhadap pemilihan umum selalu dipertanyakan.

Atas latar belakangan itu, mahasiswa Universitas WR Supratman (Unipra) Surabaya melakukan audensi ke KPU Jatim guna mengetahui seberapa jauh langkah penyelenggara meningkatkan partisipasi pemilih pemula.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unipra Surabaya, Achmad Fawait mengatakan, kesiapan mereka dalam keterlibatan untuk mensukseskan Pilkada serentak di Jatim.

"Kami mendukung langkah KPU Jatim meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Bila diperlukan, kami juga siap dilibatkan dalam segala tahapan sosialisasi Pilkada," kata Fawait di kantor KPU Jatim, Jalan Raya Tenggilis, Surabaya, Senin (15/07/2024).

Sikap tersebut, kata Fawait, merupakan komitmen BEM Unipra sebagai tanggung jawab dengan menyandang status mahasiswa, yang selalu siap mendukung keberlangsungan demokrasi.

"Kami juga menghargai komitmen KPU dalam menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang adil, transparan, dan akuntabel," pungkasnya.

Sementara audensi BEM Unipra diterima secara langsung oleh Komisioner KPU Jatim, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi (Sosdiklih), Nur Salam.

Nur Salam menerima segala saran dari mahasiswa Unipra yang terkait Pilkada 2024. Bahkan, ia mengaku senang jika ada berbagai lapisan eksternal, seperti mahasiswa mendukung komitmen KPU Jatim.

"Banyak yang bisa dikembangkan selain kita kolaborasi kegiatan yang di KPU Jatim bersama dengan pihak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Tetapi yang paling taktis kongkritnya kami mengajak mereka ayo bareng-bareng kami libatkan sosialisasi kepada teman-teman yang lain," ungkap Nur Salam.

Menurut Salam, KPU masih melangsungkan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV