SUARA INDONESIA

KPU Blora Tetapkan Dua Paslon di Pemilihan Serentak, Asri Nomor Urut 1 dan Abdi Nomor 2

Gunawan - 25 September 2024 | 10:09 - Dibaca 154 kali
Politik KPU Blora Tetapkan Dua Paslon di Pemilihan Serentak, Asri Nomor Urut 1 dan Abdi Nomor 2
Rapat Pleno, KPU Blora menetapkan dua pasangan calon di Pilkada Blora, Asri nomor urut 1 dan paslon Abdi nomor urut 2, Senin 23 September 2024 di Graha Larasati. (Foto: Gunawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLORA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora secara resmi menetapkan nomor urut paslon calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) di Pemilihan Kepala (Pilkada) serentak 2024.

Rapat pleno yang digelar di Graha Larasati Blora pada Senin 23 September 2024, paslon Arief Rohman-Sri Setyorini (Asri) mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan Abu Nafi-Andika Adikrishna Gunarjo (Abdi) memperoleh nomor urut 2, dalam pemilihan serentak 27 November 2024 mendatang.

"Ini langkah awal untuk memulai tahapan kampanye jelang pemilihan serentak 27 November 2024," kata Ketua KPU Blora, Widi Nurintan Ari Kurnianto dalam sambutannya.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, Widi menyebutkan, bahwa pelaksanaan kampanye akan berlangsung pada 25 September sampai dengan 23 November 2024 mendatang.

"Sesuai jadwal KPU, 25 September hingga 23 November 2024 mendatang, untuk pelaksanaan kampanye. Untuk pemungutan suara nanti tanggal 27 November 2024," imbuh Widi.

Sementara, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora, Andyka Fuad Ibrahim mengimbau agar para paslon dalam berkampanye tidak menggunakan fasilitas negara.

"Seperti penggunaan mobil dinas dan protokoler lainnya, para paslon diwajibkan untuk tidak menggunakan fasilitas negara dalam kampanye," kata Andyka Fuad Ibrahim.

Pihaknya juga mewanti-wanti kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI Polri, kepala desa dan lainnya untuk tetap menjaga netralitas di pemilihan serentak dan tidak terlibat.

"Bila ada dugaan temuan pelanggaran, segera laporkan aduan ke sekretariat Bawaslu Blora. Jaga netralitas, dapat menahan diri dan tidak terlibat," ungkapnya.

Usai menerima nomor urut 1, Arief Rohman mengatakan bahwa nomor ini memiliki arti dan makna yang sangat penting.

"Nomor 1 ini mencerminkan persatuan dan tujuan bersama. Satukan Indonesia, satukan Blora, untuk pemajuan dan kesejahteraan masyarakat Blora," kata Arief Rohman, di lokasi acara.

Pihaknya optimis di Pilkada serentak nanti dapat meraih kemenangan untuk pasangan Asri. "Kami optimistis bisa meraih kemenangan di Pilkada Blora 2024," pungkasnya.

Sementara itu, Abu Nafi mengatakan bahwa nomor urut angka 2 adalah yang diharapkan, memiliki sejarah dan merujuk pada kemenangan di pemilihan sebelumnya.

"Ini petunjuk dari Allah. Alhamdulillah Abdi siap mengabdi untuk masyarakat Blora," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, paslon Asri didukung 13 partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, Golkar, NasDem, Hanura, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Demokrat, Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), Gelora dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Sementara pasangan Abdi diusung oleh dua partai yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV