SUARA INDONESIA

KPU Banyuwangi Pastikan Logistik Pilkada Serentak 2024 Lengkap dan Aman

Muhammad Nurul Yaqin - 16 October 2024 | 17:10 - Dibaca 130 kali
Politik KPU Banyuwangi Pastikan Logistik Pilkada Serentak 2024 Lengkap dan Aman
Petugas KPU Banyuwangi sedang menata kotak suara untuk persiapan logistik Pilkada serentak 2024. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi memastikan kesiapan logistik untuk Pilkada serentak 2024 sudah terpenuhi. Proses persiapan dilakukan secara bertahap di gudang KPU Banyuwangi, yang terletak di Kecamatan Kabat.

Dalam tahap pertama, KPU Banyuwangi mengutamakan kelengkapan kotak suara dan bilik pencoblosan. Sebanyak 5.514 kotak suara dan 10.928 bilik suara telah disiapkan. Persiapan ini melibatkan 30 tenaga kerja.

Selain itu, berbagai logistik lainnya juga dipastikan siap. Tinta sebanyak 5.464 buah, segel 135.837 buah, dan kabel ties sejumlah 32.784 buah sudah tersedia di gudang KPU.

Ketua KPU Banyuwangi, Dian Purnawan, menyampaikan bahwa semua kebutuhan logistik sudah lengkap. "Ini adalah persiapan logistik tahap pertama, semuanya sudah siap," ungkapnya, Rabu (16/10/2024).

Tahapan pertama juga melibatkan pengosongan kotak suara dari arsip Pemilu sebelumnya dan persiapan untuk perakitan kotak suara baru. Proses perakitan ini akan selesai sebelum jadwal distribusi.

Mengenai surat suara, Dian menjelaskan bahwa pencetakannya akan dilakukan di Bali untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi dan di Gresik untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Proses cetak dimulai akhir Oktober.

Menurut Dian, selanjutnya pengadaan logistik Pilkada serentak 2024 akan dilakukan tahap dua. 

“Pencetakan surat suara dijadwalkan mulai 29 Oktober. Setelah itu, pengiriman dari percetakan ke gudang KPU dilakukan pada 5 November," jelasnya.

Keamanan selama proses pengiriman surat suara juga menjadi perhatian penting. KPU Banyuwangi bekerja sama dengan Polresta Banyuwangi untuk memastikan keamanan logistik selama perjalanan dari percetakan.

"Pengiriman logistik akan dikawal ketat oleh Polresta Banyuwangi untuk memastikan semuanya sampai dengan aman di gudang KPU," tutup Dian.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV