SUARA INDONESIA

Andy Yuwono, Wartawan Pertama Terima Penghargaan dari PMI Kota Mojokerto

Tim - 18 September 2022 | 07:09
Sosial Andy Yuwono, Wartawan  Pertama Terima Penghargaan dari PMI Kota Mojokerto

MOJOKERTO - Pak Andy Yuwono, menjadi wartawan pertama di Mojokerto sebagai penerima penghargaan piagam Donor Darah Sukarela (DDS) 50.

Penghargaan itu, ia terima dari ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto pada Peringatan HUT ke-77 Palang Merah Indonesia (PMI) Tahun 2022, di Rumah Rakyat (Sabha Krida Tama) Jalan Hayam Wuruk, Nomor 50 Kota Mojokerto, Sabtu (17/09/2022).

Andy mengaku bahagia, bisa berbagi setetes darah dengan yang membutuhkan. Pertama kali dia mendonorkan darah saat usianya masih 20 tahun.

"Saya bahagia, bisa berbagi walau setetes darah. Apa yang saya punya untuk kebaikan dan kemanusiaan bakan senang hati saya berikan," ujar Andy.

Ia bangga, mendapat penghargaan dari Walikota Mojokerto Ika Puspitasari sekaligus ketua PMI Kota Mojokerto.

Baginya, berbagi tidak harus mewah, cukup dengan setetes darah sudah bisa berbagi kebaikan dan menolong sesama. 

"Tak semestinya orang yang membutuhkan transfusi darah harus terbebani biaya untuk membeli darah. Kemudian saya tergerak untuk mendonorkan darah," ungkap Andy. 

Sementara itu, Ketua PMI Kota Mojokerto sekaligus Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, membangun masyarakat yang sehat secara jasmani, rohani dan sehat secara sosial.

Mojokerto sehat, akan dilaksanakan melalui peningkatan derajat kesehatan, peningkatan kehidupan beragama dan budaya gotong-royong.

"Peringatan Hari PMI ini bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang 77. Karena PMI lahir satu bulan setelah kemerdekaan RI," terang Ning Ita dalam sambutannya. 

Kata dia, PMI seperti tangan di bawah dan tangan di atas. Tangan di bawah karena PMI menerima bantuan dari berbagai masyarakat baik perusahaan, lembaga atau instansi maupun perorangan.

Selanjutnya, lanjut dia, tangan di atas karena seluruh sumber daya atau bantuan yang diperoleh, disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.  Baik di dalam maupun di luar negeri.

Dengan berpegang pada prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yakni Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan kesetaraan. 

“Pada kesempatan HUT PMI ke 77 tahun ini saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Relawan, Karyawan dan Pengurus serta jajaran PMI di semua tingkatan, atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini,” tutur Ning Ita. 

Adapun penerima penghargaan Donor Darah HUT PMI Kota Mojokerto ke 77 Tahun 2022 antara lain 9 penggerak donor, mitra PMI dan piagam DDS 10 kali, 25 kali, dan 50 kali pada tahun 2022

Dalam acara tersebut juga ada simulasi kegawatdaruratan PMI Kota Mojokerto. 

"Tadi kita sudah disuguhi simulasi kesigapan relawan PMI Kota Mojokerto dalam menolong korban kegawatdaruratan," terang Ning Ita. (Alawi)



Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV