SUARA INDONESIA

Terapi Alam di Masa Pandemi, Pemuda Purworejo Camping di Tepi Sungai

Widiarto - 25 July 2021 | 09:07
Wisata Terapi Alam di Masa Pandemi, Pemuda Purworejo Camping di Tepi Sungai

PURWOREJO - Belasan pemuda asal Desa Trirejo Kecamatan Loano, Desa Popongan Kecamatan Banyuurip, Desa Semawung Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, menggelar kegiatan camping (kemah) di tepi sungai Bogowonto, ikut Desa Popongan, pada Sabtu (24/7/2021) malam hingga Minggu (25/7/2021) pagi.

Camping dilaksanakan sebagai terapi alam yaitu me-refresh diri untuk meningkatkan imun agar terhindar dari serangan virus covid-19 dan berbagai penyakit lain.

Koordinator kegiatan yang juga pemilik Menggalang Adventure asal Desa Trirejo, Galang Bramantio, saat ditemui di lokasi camping pada Minggu (25/7/2021) pagi, mengatakan, dirinya bersama sejumlah temannya menggelar kegiatan camping di tepi sungai sebagai pengobat rindu sekaligus terapi alam.

"Kami bersama teman-teman melakukan kegiatan camping di lokasi tepi sungai Bogowonto ini, selain indah pemandangannya baik pada malam hari dan pagi hari, karena dekat dengan jembatan gantung terpanjang di Purworejo, juga dekat dengan Pasar Umpet, yaitu pasar yang menyediakan kuliner tradisional di Desa Popongan," katanya.

Dirinya mengaku, sengaja menggelar camping di lokasi lantaran ingin me-refresh diri setelah lama tidak melaksanakan camping lantaran terkendala masa pandemi covid-19.

"Ini sebagai terapi alam, selain mengobati kerinduan karena telah lama tidak melakukan camping, juga ingin menikmati indahnya pagi sambil menikmati kuliner di Pasar Umpet yang tak jauh dari lokasi camping ini," ujarnya.

Menurutnya, masa pandemi bukan berarti kita harus berdiam diri terus terusan di dalam rumah, namun dengan ber-camping bisa menjadi bagian dari terapi alam.

"Dengan kegiatan ini kita bisa me-refresh, ketika kita bisa merefress diri kita maka otomatis kita jauh lebih sehat. Dengan cara berkemah dengan teman, keluarga, sambil menikmati makanan yang sehat dan melihat pemandangan yang indah maka akan bisa meningkatkan imun yang ada di dalam tubuh kita, dan ini merupakan poin plus selain berobat dan hanya tinggal di rumah," jelasnya.

Dirinya berharap, tak hanya dirinya, pemuda ataupun masyarakat lain juga bisa melakukan hal yang sama, yaitu dengan melakukan kegiatan di luar rumah untuk terapi alam namun dengan mengedapankan protokol kesehatan.

"Yang biasanya pusing, pikiran macam- macam karena keadaan, dengan kegiatan di alam maka kita akan punya pikiran yang jernih, sehingga kita bisa terhindar dari segala penyakit. Saya berharap ini bisa menjadi pelopor sebagai tempat kegiatan camping yang bisa dijadikan terapi alam, dengan ber-camping maka ketika pikiran kita fresh maka insya Allah akan terhindar dari serangan penyakit," harapnya.

Guru SMKN 4 Purworejo, yang juga tokoh masyarakat setempat, Indartiningsih, mengapresiasi kegiatan camping yang digelar sejumlah pemuda itu.

"Secara pribadi saya apresiasi dengan kegiatan camping ini, apalagi tenda dibongkar dengan waktu agak siang, kegiatan camping ini bisa menjadi sarana terapi untuk meningkatkan imun, mereka bisa berolahraga, makan menu makanan sehat dan berjemur sesaat di pagi hari, maka dengan tubuh yang sehat itulah kita semua dihindarkan dari yang namanya serangan penyakit," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV