SUARA INDONESIA

Pj Bupati Apresiasi Kegiatan Festival Qasidah tingkat SMP se-Kabupaten Jombang

Gono Dwi Santoso - 06 November 2023 | 13:11 - Dibaca 249 kali
Advertorial Pj Bupati Apresiasi Kegiatan Festival Qasidah tingkat SMP se-Kabupaten Jombang
Pj Bupati Jombang Sugiat saat membuka kegiatan Festival Qasidah tingkat SMP se-Kabupaten di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (Foto: Gono/Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Pj Bupati Jombang Sugiat membuka kegiatan Festival Qasidah tingkat SMP se-Kabupaten Jombang yang diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang pada Senin (06/11/2023) 

Sebagai tarian pembuka kegiatan ini, ditampilkan Tari Remo khas Jombangan yang dibawakan oleh siswa siswi gabungan SMPN 1 Bareng dan SDN Karangan 2 Bareng. Penampilan tari Remo Khas Jombangan ini, mendapat perhatian positif dari Pj Bupati Jombang Sugiat.

Tidak kurang sekitar 48 grup Qasidah tingkat SMP se-Kabupaten Jombang menyemarakkan kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Jadi Ke 113 Pemerintah Kabupaten Jombang, Hari Santri Nasional, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2023.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Jombang Sugiat menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang mengapresiasi positif dilaksanakannya kegiatan Festival Qasidah sebagai salah satu seni religi sekaligus sebagai syiar Islam bagi pelajar SMP se-Kabupaten Jombang dalam berkreativitas, melestarikan dan menjaga kesenian ini sesuai kemajuan jaman.

"Festival Qasidah yang diselenggarakan ini merupakan upaya melestarikan warisan seni budaya bernafaskan Islam serta meningkatkan karya seni dalam dakwah ini tentu berisikan tentang hal-hal positif yang mengajak orang untuk taat kepada ajaran-ajaran agama, membangun budi pekerti dan akhlaq, serta melarang kepada bentuk kejahatan dan kemungkaran," ujarnya.

"Dalam hubungan ini, jika seni qasidah dapat tumbuh dan berkembang secara leluasa, maka tidak mustahil akan tumbuh nilai-nilai yang bermanfaat bagi perkembangan tatanan dan sikap hidup dalam masyarakat yang penuh dengan cinta kasih, kebersamaan, etika, dan moral," lanjutnya.

Pj Bupati juga menyebutkan bahwa Kabupaten Jombang tahun 2023 telah berhasil meraih Rekor Muri Rodat Ishari Millenial dan Sholawat Tibbil Qulub pada Juli lalu. Atas raihan prestasi ini membuktikan bahwa Jombang Kota Santri mampu menunjukkan kompetensinya dalam keagamaan. 

"Ini adalah suatu prestasi yang sangat membanggakan kita semua. Prestasi yang diperoleh melalui kerjasama yang baik dengan seluruh komponen Masyarakat Jombang," ungkap Pj Bupati.

Ia berharap untuk kedepannya kegiatan Festival Qasidah Tingkat Pelajar SMP se-Kabupaten Jombang dapat diikuti lebih banyak lagi.

"Untuk pesertanya baik dari SMP Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Jombang kedepannya," pungkasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV