SUARA INDONESIA

Disdikbud Jombang Adakan Bimtek Penggunaan Aplikasi E-Kinerja BKN

Gono Dwi Santoso - 08 November 2023 | 13:11 - Dibaca 1.37k kali
Advertorial Disdikbud Jombang Adakan Bimtek Penggunaan Aplikasi E-Kinerja BKN
Puluhan ASN Jombang saat mengikuti Bimtek Penggunaan Aplikasi E-Kinerja BKN. (Foto: istimewa)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi e-Kinerja BKN di Aula SMPN 1 Jombang, diikuti puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN), Rabu (08/11/2023).

Puluhan ASN tersebut terdiri dari petugas pengelola kepegawaian dari Wilker, SKB, serta SMP Negeri di Kabupaten Jombang. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Senen mengatakan, bimtek tersebut merupakan tindak lanjut atas amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 dan PermenpanRB Nomor 6 Tahun 2022. 

"Ada sebanyak 74 orang yang mengikuti Bimtek aplikasi E-kinerja. Kegiatan ini juga merupakan sistem terpadu yang mengukur dan menilai serta mengelola kinerja ASN serta sebagai tools untuk memantau capaian realisasi kinerja," jelasnya.

Senen menambahkan, dalam kegiatan Bimtek, pihaknya menghadirkan dua narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Jombang yakni Budi Sadewo dan Trisha Alfandi. "Melalui Bimtek ini, diharapkan seluruh peserta dapat mengoperasikan aplikasi e-Kinerja, agar seluruh perangkat daerah dan ASN menggunakan dengan maksimal," ujarnya. 

"Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung terwujudnya sistem pemerintahan good governance serta pengelolaan negara yang lebih transparan dan akuntabel," lanjut Kadisdikbud Jombang ini.

Senen menerangkan, pada E-kinerja ini dicontohkan mulai dari penyusunan matriks peran hasil, penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) jabatan pimpinan tinggi, pimpinan unit mandiri, pegawai pejabat struktural dan fungsional. Kemudian ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana aksi periodik dan evaluasi kinerja.

"Adanya Aplikasi e-Kinerja ini diharapkan penyusunan SKP jadi lebih terorganisir dan terstruktur. Serta mempermudah dalam memonitoring kinerja ASN secara masif dan efisien," katanya.

Dengan demikian, ASN dapat meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Dimana kinerja dan kedisiplinannya akan mendorong percepatan realisasi menuju Jombang yang berkarakter dan berdaya saing. 

"Tentunya kami ingin para peserta pelatihan ini agar mengikuti materi maupun arahan praktik peremajaan data secara maksimal mungkin agar tujuan dari acara Bimtek tercapai seluruhnya," pinta Senen. 

"Sehingga para peserta dapat menyebarluaskan wawasannya kepada seluruh ASN di instansi masing-masing. Kemudian pengisian e-Kinerja dapat diisi sesuai dengan tupoksi dan kenyataan pencapaian kinerja tiap-tiap ASN," pungkasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV