SUARA INDONESIA

Komisi III Bersama BBPJN Akan Perbaiki Infrastruktur Jalan Rusak di Kaltim

Redaksi - 10 November 2023 | 14:11 - Dibaca 246 kali
Advertorial Komisi III Bersama BBPJN Akan Perbaiki Infrastruktur Jalan Rusak di Kaltim
Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Timur, Veridiana Huraq Wang. (Foto: Alawi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SAMARINDA - Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Timur, Veridiana Huraq Wang mengatakan, banyak ruas jalan provinsi di Kaltim yang rusak berada di bawah kewenangan pemerintah pusat.

Menurutnya, Komisi III sedang melakukan koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional atau (BBPJN) Kaltim untuk membahas upaya perbaikan infrastruktur jalan rusak di Benua Etam ini.

Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya agar ruas jalan tersebut menjadi jalan nasional agar mendapatkan anggaran yang lebih besar dan perbaikan yang lebih cepat.

“Kami tetap selalu memperjuangkan bagaimana infrastruktur di Kaltim bisa terbangun dengan baik. Kami berharap banyak anggaran dari pemerintah pusat turun di Kaltim pada 2024. Apalagi, Kaltim menjadi Ibu Kota Negara (IKN) ke depan,” ungkapnya saat ditemui di Gedung E DPRD Kaltim, Kamis (9/11/2023). 

Menurut Politisi PDIP ini, ada sekitar 1.500 kilometer jalan provinsi di Kaltim yang rusak dan akan diperbaiki dengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2023 sebesar Rp 2 triliun.

"Wilayah yang mendapat prioritas perbaikan antara lain Kutai Barat, Mahakam Ulu, dan beberapa kabupaten lainnya. Selain itu, ada juga dana Rp 8 triliun yang dialokasikan untuk pembangunan jalan di wilayah IKN Nusantara," ungkap Veridiana.

Veridiana juga mengkritik lambatnya penanganan jalan longsor di Jalan Anggana Samarinda yang baru mulai diperbaiki setelah satu tahun terjadi. Ia mengatakan, warga terdampak longsor sangat membutuhkan penanganan cepat dan tepat agar tidak mengalami kerugian lebih lanjut.

“Kalau saya melihat itu, warga terdampak longsor di Jalan Anggana Samarinda sangat membutuhkan penanganan cepat dan tepat. Itu sudah satu tahun, baru mulai perbaikannya. Itu tidak boleh terulang lagi di tempat lain,” ujarnya.

Ia menambahkan, dua lokasi lain yang masih dalam pengawasan adalah jalan di Kecamatan Palaran dan Jalan Kecamatan Sambutan, Samarinda. Ia berharap perbaikan jalan di kedua tempat itu sesuai dengan rencana kerja dan anggaran yang telah ditetapkan.

Veridiana berharap infrastruktur jalan di Kaltim segera diperbaiki dan diperluas aksesnya agar masyarakat dapat menikmati transportasi lancar dan nyaman.

Ia juga meyakini pemerintah pusat akan memberikan perhatian khusus kepada daerah ini demi mendukung pembangunan IKN dan kesejahteraan masyarakat Kaltim.

“Saya yakin pemerintah pusat juga memperhatikan daerah kami demi mendukung pembangunan IKN dan kesejahteraan masyarakat Kaltim,” pungkasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV