SUARA INDONESIA

Walikota Madiun Buka Bazar Imlek di Kampung Pecinan

Prabasonta - 09 February 2024 | 07:02 - Dibaca 677 kali
Advertorial Walikota Madiun Buka Bazar Imlek di Kampung Pecinan
Walikota Madiun, Maidi membuka Bazar Imlek dengan ditandai menabuh Genderang. (Foto: Ery/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, MADIIUN - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2024, masyarakat Tionghoa Kota Madiun, Jawa Timur menggelar bazar di Kampung Pecinan di Jalan Barito, Kota Madiun, Kamis (8/2/2024).

Acara dihadiri Walikota Madiun, Maidi sekaligus berkesempatan membuka dan meresmikan Bazar Imlek tersebut. 

Tampak Hadir, Sekretaris Daerah Kota Madiun, Suko, Kadisbudpora, Agus Porwo, Ketua PKK Kota Madiun beserta Dinas terkait lainnya. 

Dalam sambutanya, Walikota Madiun, Maidi menyampaikan, bahwa tahun baru yang dikenal dengan nama 'Tahun Baru Imlek atau Lunar New Year, merupakan perayaan yang sangat penting dalam budaya Tionghoa.

"Perayaan ini dilaksanakan berdasarkan kalender lunar yang biasanya jatuh pada bulan Januari maupun Februari di setiap tahunya," ujarnya.

Lebih lanjut, Maidi mengatakan, Pemkot Madiun mendukung setiap kegiatan yang sifatnya hari besar keagamaan. "Jadi kegiatan-kegiatan yang yang sifatnya hari besar keagamaan apapun di Kota Madiun kita dukung dan kita rayakan bersama," ucapnya.

Maidi berharap dengan adanya Bazar Imlek tersebut, dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi menjadi semakin bagus. "Orang tentu berharap dengan berjualan disini, karena rame otomatis jualan akan laku dan habis, itulah yang dinginkan," ujarnya.

"Untuk itu pemerintah akan hadir disitu, kita akan jadikan tempat ini sebagai wisata kuliner kue. Sebab disini kampung pecinan ini merupakan tempat pemasok kue yang ada di kota madiun dan bahkan sampai ke luar kota madiun," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota Madiun menyempatkan diri memborong aneka makanan yang dijual di lapak - lapak, kemudian dibagikan kepada masyarakat dan anak-anak kecil.

Sementara itu, Ira salah satu warga Tionghoa mengatakan, perayaan Tahun Baru Imlek sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Tionghoa di Kota Madiun.

"Jadi Tahun Baru Imlek ini bukan hanya sekedar pergantian tahun saja bagi masyarakat Tionghoa, tapi momen penting juga untuk berkumpul bersama keluarga. Disamping itu, menghormati leluhur, membersihkan rumah dari energi negatif, dan menyambut keberuntungan baru," jelasnya. (Ery Pramudya)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV