SUARA INDONESIA

Budaya Lestari hingga Kebangkitan Ekonomi Jadi Pesan Novita kepada Pelaku UMKM

Rudi Yuni - 15 May 2024 | 14:05 - Dibaca 479 kali
Advertorial Budaya Lestari hingga Kebangkitan Ekonomi Jadi Pesan Novita kepada Pelaku UMKM
Ketua TP PKK Trenggalek Novita Hardini saat melihat produk UMKM dalam peringatan HUT Dekranasda. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TRENGGALEK - Novita Hardini Ketua, TP PKK Trenggalek yang juga menjadi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), mengajak pelaku UMKM agar terus andil dalam melestarikan budaya nusantara.

Selain itu, ia juga ingin adanya peningkatan ekonomi bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Ungkapan itu disampaikan Novita dalam pelaksanaan puncak peringatan HUT ke-44 Dekranasda di Solo, Rabu (15/5/2024).

“Saya merasa senang bisa ikut memperjuangkan kearifan lokal yang mampu berdampak pada ekonomi bagi masyarakatnya,” tutur Novita.

Menurut Novita, semangat untuk mendampingi UMKM dan mewariskan budaya nusantara itu adalah kewajiban semua. Dan tahun ke-44 ini, Dekranasda terus berupaya membawa dampak bagi perekonomian di daerahnya masing-masing.

Ia juga merasa bangga menjadi satu dari sekian banyak Ketua Dekranasda di Indonesia yang turut memperjuangkan keinginan budaya nusantara melalui produk-produk UMKM yang dimiliki.

“Pertama, kita harus tahu dalam meningkatkan pendapatan daerah kita harus fokus pada baik tidaknya UMKM,” ucapnya.

Menurutnya, UMKM ini tidak hanya profit oriented, tapi harus juga melestarikan budaya. Dan harus melestarikan kebaikan-kebaikan lingkungan.

Di sisi lain, pelaku UMKM juga butuh dukungan dari pemerintah. Baik dukungan finansial maupun pangsa pasar. Inilah, kata dia, yang terus diupayakan baik dari APBD, melalui 5.000 pengusaha baru di Kabupaten Trenggalek, maupun dibantu oleh beberapa LSM.

“Mungkin seperti ada Bloomberg, saya sendiri ada UPRINTIS Indonesia,” terangnya.

Kemudian, melalui DPR RI, Novita mengatakan, akan mencoba mewujudkan beberapa inkubasi-inkubasi bisnis yang nantinya membantu UMKM lebih berkembang lagi.

“Terus semangat, jangan mudah menyerah dan terus lestarikan budaya nusantara,” pesannya. (ADV)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV