SUARA INDONESIA

Percepat Layanan, BPJS Ketenagakerjaan Buka Counter di MPP Ngawi

Redaksi - 30 June 2024 | 10:06 - Dibaca 1.85k kali
Advertorial Percepat Layanan, BPJS Ketenagakerjaan Buka Counter di MPP Ngawi
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat meninjau counter BPJS Ketenagakerjaan di MPP Kabupaten Ngawi. (Foto: BPJS Ketenagakerjaan untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, NGAWI - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) hadir di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Mall ini ini telah diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Kamis (27/6/2024). Ngawi terpilih menjadi kabupaten yang diresmikan MPP-nya secara langsung oleh Menteri PANRB karena dinilai sangat bagus dalam pelaksanaanya.

Keberadaan MPP di tengah jantung Kota Ngawi ini sangat diapresiasi Menteri Azwar Anas, karena konsepnya yang mengintegrasikan layanan publik dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Disebutkan, tidak banyak MPP di daerah lain yang memamerkan produk UMKM asli daerah. "Ini sangat keren," ujar mantan Bupati Banyuwangi ini.

Anas berharap MPP Ngawi ini mampu menjawab harapan masyarakat pada akses layanan publik yang cepat, mudah, transparan, dan profesional. Apalagi lokasinya berada tepat di tengah jantung Kota Ngawi, di barat tugu Iconic Ngawi, yakni Kartonyono. 

"Saya berharap ke depannya MPP ini terus meningkatkan pelayanan, sehingga akan ramai dikunjungi masyarakat yang hendak mengakses layanan publik," ujarnya.

Selain itu, Menteri Anas juga mendorong Pemkab Ngawi dapat menyatukan layanan lewat MPP Digital, agar masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan dari pemerintah. "Ke depan MPP digital yang menyatukan layanan lewat portal online akan dikembangkan, sehingga masyarakat yang perlu layanan cukup lewat HP," katanya.

Dalam peresmian MPP Ngawi ini Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengatakan, pada awal soft launching akhir 2023 lalu MPP ini ada 20 instansi dengan 60 jenis layanan. Kemudian, Pemkab Ngawi terus melakukan sinergi lintas sektor, sehingga kini ada 39 instansi yang bergabung dengan 152 layanan.

“Ini sebagai komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi yang cepat, efektif efisien transparan, akuntabel dan mewujudkan core value ASN kita yang semakin hari semakin baik,” kata Ony.

Ony menambahkan, dengan adanya MPP ini diharapkan permasalahan layanan dapat segera terselesaikan dengan baik dan cepat, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan pelayanan dari pemerintah daerah.

Gedung MPP Ngawi ini terdiri 3 lantai. Lantai 1 untuk etalase yang menampilkan produk-produk UMKM Kabupaten Ngawi. Lantai 2 untuk berbagai jenis layanan. Kemudian, lantai 3, rooftop untuk mewadahi paguyuban dan ekonomi kreatif milenial. "Di lantai 3 bisa buat nongkrong kaum milenial, banyak barista yang pandai membuat kopi,” ujarnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Ngawi Setyoningsih yang juga hadir di acara ini mengatakan, di MPP Ngawi ini counter BPJS Ketenagakerjaan Ngawi berada di lantai 2, sama dengan counter layanan instansi yang lain.

"Counter ini kepanjangan tangan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ngawi. Selain supaya lebih dekat dan memudahkan pelayanan pada masyarakat, juga sebagai suporting kami pada Pemda dalam mensukseskan kemudahan pelayanan bagi seluruh masyarakat khususnya pekerja di Kabupaten Ngawi," papar Nuning sapaan Setyoningsih ini. 

Nuning menuturkan, sama dengan counter-counter layanan instansi yang lain, counter layanan BPJS Ketenagakerjaan di MPP Ngawi ini gunanya untuk memecah antrian layanan di Kantor Cabang Ngawi.

"Jadi biar kita bisa memecah antrian di kantor cabang dengan memberikan layanan di MPP ini. Ini salah satu inovasi kita guna memecah antrian dan mempercepat layanan untuk memudahkan peserta dalam hal mendapatkan pelayanan terbaik," ujar Nuning

Lebih dari itu, dengan adanya MPP ini masyarakat tidak perlu kesana-kemari untuk mengurus surat atau perijinan, cukup di satu atap di MPP ini, karena di dalamnya banyak counter layanan.

Nuning menjelaskan, Counter BPJS Ketenagakerjaan di MPP Ngawi memberikan layanan informasi, menerima pendaftaran, dan klaim secara online. "Disini kami melayani informasi, pendaftaran, dan klaim online. Yang manual tetap di kantor cabang, karena hubungannya dengan otorisasi dan lain sebagainya," terang Nuning. 

Bagi masyarakat pekerja yang ingin mengetahui informasi perihal program maupun manfaat BPJS Ketenagakerjaan, atau yang mau daftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya siap melayani di MPP ini.

"Juga bagi yang mau mengajukan klaim, di MPP ini kami siap mengaksistensi cara klaim online melalui Jamsostek Mobile (JMO) atau melalui Lapak Asyik," lanjut Nuning.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Madiun Anwar Hidayat menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peresmian MPP Kabupaten Ngawi. Ia mengaku turut senang, terlebih BPJS Ketenagakerjaan ikut berada di dalamnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat pekerja. "Semoga semuanya berjalan lebih baik sesuai harapan kita semua," ujar Anwar. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV