SUARA INDONESIA

Harpelnas Tegaskan Layanan BPJS Ketenagakerjaan Kian Mudah Diakses

Redaksi - 07 September 2024 | 08:09 - Dibaca 1.34k kali
Advertorial Harpelnas Tegaskan Layanan BPJS Ketenagakerjaan Kian Mudah Diakses
BPJS Ketenagakerjaan Ngawi Setyoningsih (kanan) berikan souvenir pada peserta di Harpelnas. (Foto: BPJS Ketenagakerjaan untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, NGAWI - Perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ngawi, Rabu (4/9/2024), cukup meriah. Dilakukan tidak hanya di kantor, tapi juga di beberapa perusahaan peserta. 

Di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Ngawi, selain ada booth untuk aktivasi aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), juga ada tumpukan souvenir untuk hadiah dan snack gratis bagi mereka yang hadir di kantor cabang ini.

Dengan mengenakan selempang bertuliskan "Selamat Hari Pelanggan Nasional", Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ngawi Setyoningsih bersama staf menemui dan menyapa peserta yang hadir. 

Kemudian, Setyoningsih menanyakan pada peserta, siapa yang sudah aktivasi aplikasi JMO. Mereka yang sudah aktivasi, langsung diberi souvenir. Sedangkan yang belum aktivasi diminta melakukan aktivasi dengan dibantu karyawan/karyawati BPJS Ketenagakerjaan, dan yang berhasil juga diberi souvenir.

Setyoningsih mengatakan, seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan di era digitalisasi ini diharapkan dapat/mau memanfaatkan layanan melalui aplikasi JMO yang memberikan kemudahan termasuk untuk klaim JHT apalagi cek saldo.

Perihal penggunaan aplikasi JMO ini, kata Setyoningsih, untuk menegaskan komitmen bahwa layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan semakin mudah diakses dan manfaatnya berdampak optimal bagi pekerja dan keluarga.

Selain itu, dalam perayaan Harpelnas ini juga ada game-game menarik berhadiah souvenir. "Jadi di Hari Pelanggan Nasional ini, peserta yang hadir kita buat senyaman mungkin, seindah mungkin agar teringat kita terus," ujar Nuning sapaan akrab Setyoningsih ini. 

Menurut Nuning, mereka yang datang di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan ini adalah orang-orang yang membutuhkan pelayanan terbaik. Mereka, ada yang karena kena PHK, berhenti kerja, pensiun, kecelakaan kerja, dan bahkan karena keluarganya meninggal dunia. 

"Karena itu, paling tidak mereka pulang dari Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan ini dengan hati yang senang. Dan ini merupakan salah satu pembentukan customer engagement kita. Melalui Harpelnas ini kami menghargai para peserta yang hadir," kata Nuning.

Di Harpelnas tahun 2024 ini, BPJS Ketenagakerjaan Ngawi juga melakukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan peserta, yang juga untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi JMO.

Selain itu, juga mengadakan pelatihan Inclusive Job Center (IJC), bekerjasama dengan BLK dan perusahaan sepatu PT Dwi Prima Sentosa. Pelatihan ini diikuti 16 anak inklusi difabel, yang nantinya setelah diberi pelatihan terus dipekerjakan di Dwi Prima Sentosa. Program kerjasama ini merupakan wujud perhatian negara, dimana BPJS Ketenagakerjaan berperan di pembiayaan pelatihannya.

Nuning menuturkan, semua karyawan-karyawati BPJS Ketenagakerjaan Ngawi di Harpelnas turun tangan memberikan pelayanan terbaik pada peserta. 

"Ini sebenarnya sudah biasa kita lakukan sehari-hari. Cuma bedanya adalah kita memberikan sesuatu pengalaman menarik atau customer journey, jadi biar peserta dapat menilai sendiri kualitas layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dan bisa diceritakan ke semua orang," jelasnya.

Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Madiun Anwar Hidayat mengatakan, Harpelnas tiap tahun diperingati BPJS Ketenagakerjaan di seluruh kantor cabang se-Indonesia. Dan untuk tahun ini, tema yang diusung "Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi".

"Kami berharap seiring dengan kemudahan layanan yang telah kami berikan, kepuasan peserta terhadap BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat, sehingga mampu mendorong pekerja terdekat untuk menyusul daftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan juga," ujar Anwar. (Adv)

Teks Foto: BPJS Ketenagakerjaan Ngawi Setyoningsih (kanan) berikan souvenir pada peserta di Harpelnas.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV