SUARA INDONESIA

Lukisan Karya Suhardi, Seniman Asal Cilacap Tembus Hingga Puluhan Juta

Tim - 08 January 2022 | 19:01
Budaya Lukisan Karya Suhardi, Seniman Asal Cilacap Tembus Hingga Puluhan Juta

CILACAP-Suhardi (50) atau yang akrab disapa mbah Gembot, seorang seniman lukis asal Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menggelar pameran tunggal lukisan hasil karyanya di Studio Lukis Murni, Jalan Perintis Kemerdekaan, Cilacap, Sabtu (8/1/2022). 

"Melalui karya seni rupa ini, saya mengajak masyarakat untuk berdamai dengan keadaan dimasa pandemi saat ini yakni dengan bergembira ria serta menyadarkan masyarakat agar memahami situasi dan kondisi saat ini," ungkap Suhardi.

Menurut Suhardi, kegiatan tersebut bukan hanya sekedar pameran lukisan saja, melainkan bagian dari sedekah budaya yang tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai budaya jawa yang harus dijaga dan dilestarikan.

Lebih lanjut, sebanyak 17 lukisan diatas kanvas berbagai ukuran mulai dari 30x30 hingga 120x80 sentimeter yang dipamerkan tersebut menggambarkan budaya jawa serta aktivitas keseharian yang jenaka serta kepedulian sosial sehingga terkesan menarik. 

Tak main-main, hasil lukisan karya mbah Gembot ini telah mencapai ribuan diawali sejak tahun 90an dan pernah dipamerkan di negara Perancis dalam pameran seni rupa beberapa tahun lalu. 

Tak hanya itu saja, menurut pengakuan Suhadi, beberapa lukisannya pernah laku terjual hingga jutaan bahkan tembus mencapai Rp 25 juta. Adapun pejabat yang mengkoleksi lukisannya tersebut yakin berpangkat bintang dua.

"Saya berkeinginan agar dapat terus berkarya supaya membuat orang menjadi senang melalui karya-karya saya serta dengan adanya pameran lukisan ini, dapat membangkitkan gairah seni rupa di Cilacap," tutupnya.

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV