SUARA INDONESIA

Krida Fest 2023, Bupati Jember Petik Kopi Merah Varietas Milo Robusta

Ambang Hari Laksono - 07 July 2023 | 20:07 - Dibaca 1.18k kali
Budaya Krida Fest 2023, Bupati Jember Petik Kopi Merah Varietas Milo Robusta
Bupati Jember beserta jajaran forkopimda saat memetik langsung kopi merah di kebun kopi Desa Pace, Kecamatan Silo. (Foto: Istimewa/Suaraindonesia.co.id)

JEMBER, Suaraindonesia.co.id - Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Jember, menggelar Krida Fest 2023 dalam rangka merayakan Hari Krida Pertanian ke 51 tahun 2023.

Salah satu rangkaian acara Krida Fest kali ini ialah petik kopi merah di Desa Pace, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

Bupati Jember, Hendy Siswanto yang terjun langsung ke kebun warga Desa Pace ikut memetik kopi varietas milo robusta di kebun kopi milik H. Hasan, warga setempat.

“Kopi milo robusta Desa Pace ini luar biasa, kali ini kita bersama-sama panen kopi yang selanjutnya akan digiling di Pabrik Pengggilingan Sumberwadung PDP Kahyangan Jember,” tutur Hendy kepada media, Jum'at (7/7/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy juga menggelar sarasehan bersama para petani kopi anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sukamaju Desa Pace.

Ada dua poin penting yang dikeluhkan para petani kopi kepada Bupati Jember. Pertama asalah soal stabilitas harga jual kopi, kedua yaitu alat-alat pengolahan terbaru untuk perkebunan kopi.

Hendy langsung memerintahkan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP), Imam Sudarmaji dan Direktur PDP Kahyangan, Sofyan Tsauri untuk menjalin sinergi aktif dan menyediakan dukungan yang dibutuhkan oleh petani kopi di Pace tahun ini.

“Jika anggaran mencukupi, saya meminta Kepala Dinas untuk membeli peralatan yang diperlukan oleh petani kopi di Pace,” tegasnya.

Didampingi oleh Dandim 0824 Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, jajaran pimpinan PDP Kahyangan dan sejumlah OPD serta Anggota DPRD Jember, Bupati Hendy juga menyempatkan mencicipi kopi lanang yang disediakan oleh panitia. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV