SUARA INDONESIA

Top! Banyuwangi Satu-satunya Kabupaten di Jatim dengan 2 Event Unggulan di KEN 2023

Muhammad Nurul Yaqin - 29 January 2023 | 16:01 - Dibaca 1.93k kali
Ekbis Top! Banyuwangi Satu-satunya Kabupaten di Jatim dengan 2 Event Unggulan di KEN 2023
Banyuwangi satu-satunya kabupaten di Jatim dengan dua event unggulan di KEN 2023.

BANYUWANGI - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara resmi meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 di Teater IMAX Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

Hal ini sebagai upaya menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas dan salah satunya adalah Banyuwangi.

Di tahun 2023 ini, KEN merangkum 110 event unggulan yang telah mengkurasi 291 usulan event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Dari Jawa Timur terdapat 8 event yang masuk dalam KEN 2023. Dan Banyuwangi wajib bangga, 2 event unggulannya yakni Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival berhasil nangkring di KEN 2023.

Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi telah diselenggarakan sejak 2012 dan Banyuwangi Ethno Carnival lebih dahulu di tahun 2011.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan selamat kepada Banyuwangi telah masuk 2 event unggulan yakni Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival.

"Banyuwangi sangatlah cocok bila dijuluki sebagai kabupaten Pioneer of Attraction. Festival di Banyuwangi perlu dicontoh daerah lain. Dengan inovasi baru yang dapat menggerakkan ekonomi kreatif, mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi para pelaku industri kreatif," kata Sandiaga Uno.

Peluncuran KEN 2023 ini dikemas dalam bentuk festival. Dimana ada showcasing kekayaan budaya dan event nusantara serta mempromosikan KEN secara lebih luas kepada masyarakat dengan semangat Bangga Berwisata di Indonesia.

Dalam peluncuran KEN 2023 terdapat enam area aktivasi interaktif yang merupakan hasil kolaborasi dengan daerah, asosiasi, dan komunitas.

Mulai dari penampilan seni dan budaya, experience mini event, workshop kriya dan demo masak, berkarya daur ulang, hingga pameran produk UMKM (kuliner, kriya, dan fesyen).

Selain itu, juga dimeriahkan oleh sejumlah pegiat seni dan seniman musik yang berasal dari berbagai daerah.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV