SUARA INDONESIA

Dongkrak Ekonomi UMKM di Banjarnegara, Pemerintah Diminta Fasilitasi Gelaran Festival Tiap Akhir Pekan

Iwan Setiawan - 12 May 2024 | 19:05 - Dibaca 1.11k kali
Ekbis Dongkrak Ekonomi UMKM di Banjarnegara, Pemerintah Diminta Fasilitasi Gelaran Festival Tiap Akhir Pekan
Alun-Alun Kabupaten Banjarnegara. (Foto Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Salah satu upaya meningkatkan pendapatan masyarakat adalah dengan membuat festival setiap hari libur. Hal ini disampaikan anggota DPRD Banjarnegara 2024-2029 terpilih dari Fraksi PKS, Rokhman Supiyadi, dalam acara diskusi dengan lintas komunitas di Banjarnegara, belum lama ini.

"Hari Minggu dalam satu tahun kurang lebih ada sekitar 50 hari. Jika dibuat festival dan dikemas dengan baik, maka akan mendatangkan pendapatan masyarakat, serta pemerintah daerah harus mendorong, festivalnya harus berganti-ganti," katanya.

Diketahui, di Kabupaten Banjarnegara banyak sekali potensi masyarakat yang menarik untuk dikemas sebagai festival agar perputaran ekonomi masyarakat bisa bergerak.

"Adanya festival yang selalu berbeda dan dikemas menarik UMKM akan laku, juga bisa mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah untuk menyaksikan festival tersebut," kata Kang Yadi, panggilan akrabnya.

Menurut Kang Yadi, untuk membuat sebuah kegiatan yang dikemas sebagai festival harus mempunyai jaringan yang profesional, juga marketing yang bagus agar masyarakat atau wisatawan bisa terhibur.

"Jika saya dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Banjarnegara, maka saya akan mendorong di setiap kecamatan untuk sesering mungkin melaksanakan kegiatan yang dikemas menjadi industri pariwisata supaya angka kemiskinan hilang, serta harus dipimpin oleh seorang yang memiliki kemampuan luar biasa," katanya.

Menurutnya, Dieng harus dibangun jalan lebar dan terminal khusus pariwisata di dekat sekitarnya. Selanjutnya, para wisatawan untuk menuju pusat wisata Dieng naik gondola.

"Kelak Gondola akan menjadi jalan favorit menuju Dieng. Wisatawan pun akan meledak menuju kesana. Setelah itu, kanan kirinya di buat rest area untuk tempat berdagang para pelaku UMKM," imbuhnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV