SUARA INDONESIA

Banyuwangi Perkuat Usaha Anak Muda lewat Jagoan Bisnis

Muhammad Nurul Yaqin - 01 July 2024 | 14:07 - Dibaca 1.26k kali
Ekbis Banyuwangi Perkuat Usaha Anak Muda lewat Jagoan Bisnis
Jagoan bisnis Banyuwangi. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi kembali menggelar program inkubasi bagi anak muda, Jagoan Bisnis. Sebanyak 75 anak muda yang tengah menjalankan usaha mengikuti Jagoan Bisnis untuk menguatkan dan mengembangkan usahanya.

Jagoan Bisnis adalah satu dari 3 program inkubasi bagi anak-anak muda Banyuwangi yang dikemas dalam Jagoan Banyuwangi. Jagoan Bisnis berfokus pada pengembangan bisnis secara umum, Jagoan Tani pengembangan usaha di sektor pertanian dan turunannya, serta Jagoan Digital program inkubasi bagi anak muda yang bergerak di sektor TIK.

"Jagoan Bisnis ajeg kami gelar tiap tahun untuk memberikan dukungan penguatan bisnis secara komprehensif bagi anak anak muda daerah untuk mengembangkan bisnisnya. Fokus pemkab kali ini ingin agar usaha yang sudah berjalan bisa naik kelas," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Senin, (1/7/2024).

Pada tahun ini, ada 75 wiraswasta muda menjadi peserta program ini. Mereka adalah bisnis owner yang usahanya sudah berjalan dan ber-omset. Mulai dari bisnis food and beverage, tour n travel, kerajinan, fashion dan jasa.

Mereka akan dibekali materi tentang penguatan usaha komprehensif untuk naik kelas, seperti manajemen, akses permodalan hingga pengembangan pasar bersama ahli-ahlinya.

“Tahun ini konsepnya kita rubah. Bila tahun-tahun sebelumnya kita menjaring ide bisnis dan rintisan usaha, namun sekarang justru mereka yang sudah memiliki usaha dan ingin mengembangkan usahanya yang menjadi peserta inkubasi,” kata Ipuk.

Lewat program ini, Ipuk berharap bisnis mereka semakin maju. “Harapannya bisa mendorong pertumbuhan bisnis yang berdampak positif bagi ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan kontribusi dalam memperkuat ekosistem wirausaha di Banyuwangi,” terang Ipuk.

Jagoan Bisnis terdiri atas serangkaian program yakni Online Session yang berlangsung pada 20-21 Juni 2024, yang diikuti oleh 178 talenta. Selanjutnya Offline Sesion pada 27-28 Juni, diikuti oleh 75 peserta yang lolos seleksi.

Ketua Program Jagoan Banyuwangi, Dias Satria, menambahkan Jagoan Bisnis akan menghadirkan sejumlah narasumber yang telah berkiprah di bisnis korporat hingga pebisnis sukses. Mereka memberikan bekal manajemen, penguatan SDM, membangun jaringan hingga success story dalam membangun bisnis.

“Di antaranya Mas Eko Andi Suryo Senior Trainer sekaligus Dosen Teknik Universitas Brawijaya yang fokus pada Mindset dan Leadership dalam bisnis. Ada Arief Bawono dari Lego Serious Play yang memberi materi tentang manajemen bisnis dan keuangan,” kata Dias yang juga dosen di fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya.

Selain itu juga ada dari Millenial Job Center yang memiliki jaringan startup di Jatim. Tujuannya untuk mengkoneksikan startup bisnis yang ada di Banyuwangi dengan yang ada di Jatim sehingga mereka bisa masuk ekosistem yang lebih besar.

“Juga ada Derry Noto, pebisnis appearel olahraga yang produknya sudah tembus pasar nasional. Ada juga sejumlah pebisnis lokal yang ikut berbagi perjalanan membangun bisnis,” kata Dias.

Nantinya akan dipilih lima talenta terbaik yang akan mendapatkan insentif permodalan senilai Rp. 25 juta. Selain itu pemenang juga akan mendapatkan fasilitas sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Para pemenang juga akan mendapat kesempatan studi bisnis di perusahaan besar, untuk menambah wawasan ekosistem bisnis dan melihat secara langsung bagaimana sebuah bisnis berkembang,” kata Dias. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV