SUARA INDONESIA

Ada Batik Ecoprint di Ponorogo, Wabup: Kita Akan Bantu Memasarkan

Andre Prisna - 23 March 2021 | 13:03
Ekonomi Ada Batik Ecoprint di Ponorogo, Wabup: Kita Akan Bantu Memasarkan

PONOROGO - Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita melihat langsung hasil ketrampilan dari para pembuat batik, dengan menggunakan teknologi ecoprint di gedung Dekopinda Ponorogo.

Dalam keterangannya, Lisdyarita mengatakan, pihaknya memberikan fasilitas bagi pembuat batik ecoprint ini melalui Dinas Perdagkum Kabupaten Ponorogo.

"Hasilnya ternyata lumayan bagus dan ketrampilan bagi pembuat batik ini harus dikembangkan," ujarnya saat diwawancarai awak media, Selasa (23/3/2021).

Dirinya menambahkan, pelatihan kerajinan tangan ini juga bekerjasama dengan salah satu intrukstur yang didatangkan dari Kabupaten Sidoarjo. 

"Tak hanya memberikan pelatihan saja, tentu Pemkab Ponorogo juga akan membantu memasarkan hasil karya batik ecoprint ini," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagkum Kabupaten Ponorogo, Addin Andhanawarih mengatakan, pelatihan batik ecoprint ini diikuti 30 peserta terdiri dari anggota koperasi wanita.

"Diantaranya koperasi di Desa Karangpatihan, Campurejo, Campursari, Ngrayun, Pulung dan Gontor. Serta dari KPRI yang diwakili guru SMPN 2 Ngrayun," tuturnya.

Pihaknya mengaku telah melakukan MoU dengan berbagai pihak, terkait pemasaran batik ecoprint maupun UMKM lain yang ada di 'Kota Reyog' ini. Salah satunya, produk tersebut dapat dititipkan di Alfamart atau Indomart.

"Kita akan terus mendukung pelaku UMKM agar semakin maju. Serta mempermudah perizinan bagi para pelaku usaha tersebut," jlentrehnya.

Batik ecoprint ini merupakan metode baru yang sangat mudah karena menggunakan bahan dan pemanfaatan dari lingkungan sekitar. (*)

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya