SUARA INDONESIA

Tingkatkan Akurasi Deteksi Kanker Payudara, RSUD dr Moh Anwar Sumenep Hadirkan Mammogram

Wildan Mukhlishah Sy - 29 June 2024 | 10:06 - Dibaca 1.51k kali
Kesehatan Tingkatkan Akurasi Deteksi Kanker Payudara, RSUD dr Moh Anwar Sumenep Hadirkan Mammogram
Dokter Spesialis Radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad dengan alat mammogram. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moh Anwar Sumenep, terus meningkatkan pelayanan dengan mengoptimalkan sistem, meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) hingga menyediakan Alat Kesehatan (Alkes) yang menunjang pengobatan.

Salah satunya, dengan menghadirkan Mammogram yang berada di Instalasi Radiologi. Alat tersebut digunakan untuk meningkatkan akurasi deteksi kanker payudara pada pasien.

Sebelum mendapatkan pelayanan tersebut, biasanya pasien harus mendaftar terlebih dahulu ke Poli Onkologi, untuk diperiksa oleh Dokter Spesialis Bedah Onkologi. 

Dokter spesialis Radiologi RSUD dr Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad menjelaskan, Mammografi atau mammogram adalah tes pemindaian untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan sinar-X. 

“Pemeriksaan medis melalui alat mammografi digunakan untuk memeriksa atau mendeteksi lebih lanjut apakah pada pasyudara pasien terjadi kelainan atau tidak” jelasnya.

Melalui pemeriksaan menggunakan mammografi, kata dr Aziz, pihaknya bisa mendeteksi keberadaan tumor, kanker, kista, penumpukkan kalsium, atau kelainan lainnya pada jaringan payudara yang mungkin ada di tubuh pasien, sehingga hasil yang didapat diharapkan lebih akurat.

“Apabila ditambah pemeriksaan dengan alat lain seperti USG yang kita miliki, maka diagnosis akan semakin akurat,” lanjutnya.

Lebih jauh, ia mengimbau masyarakat, khususnya warga Sumenep untuk tidak sungkan memeriksakan diri ke RSUD tersebut, jika merasakan ada kelainan pada payudara. Sebab kata dia, pemeriksaan lebih dini, bisa mempermudah pengobatan bahkan meningkatkan angka kesuksesan terapi.

"Sebaliknya bila telat, maka penyakit akan sulit disembuhkan,” ungkap dokter yang juga ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumenep itu.

Sementara itu, Kasi Informasi RSUD dr Moh. Anwar Sumenep Erfin Sukayati, M.Kes berharap selain di Poli Onkologi, pihaknya juga bisa terus mengoptimalkan pelayanan di rumah sakit di bawah kepemimpinan dokter Erliyati itu.

Sehingga ke depan, RSUD dr Moh Anwar Sumenep bisa terus menghadirkan inovasi dan layanan-layanan terbaru pun terbaik untuk pelayanan masyarakat

“Do’akan rumah sakit ini terus dapat menghadirkan yang terbaik untuk masyarakat. Tentunya dalam hal ini dukungan, kritik dan saran dari masyarakat sangat membantu dalam proses menjadikan rumah sakit ini menjadi yang terbaik di Sumenep,” tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV