SUARA INDONESIA

Kader JKN, Layanan Jemput Bola dari BPJS Kesehatan dan Memudahkan di Tengah Aktivitas Masyarakat

Gunawan - 06 July 2024 | 18:07 - Dibaca 844 kali
Kesehatan Kader JKN, Layanan Jemput Bola dari BPJS Kesehatan dan Memudahkan di Tengah Aktivitas Masyarakat
Syaikul Amin, Kader JKN saat menyambangi rumah peserta BPJS Kesehatan, Sabtu (6/7/2024). (Foto: Gunawan/Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, BLORA - Untuk mempermudah para peserta JKN-KIS dalam mendapatkan akses pelayanan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sosok Syaikul Amin tak asing ditengah tengah masyarakat.

Syaikul adalah Kader JKN, mitra BPJS Kesehatan yang hadir dan bertugas di wilayah Kecamatan Blora dan Kecamatan Jati, Kabupaten Blora Jawa Tengah, sejak 2018 silam untuk melayani masyarakat secara langsung baik pelayanan administrasi maupun memberikan edukasi perkembangan terbaru dari BPJS Kesehatan.

"Saya datang dan membawa persyaratan untuk lowongan kerja sebagai mitra BPJS Kesehatan (Kader JKN-KIS) tahun 2018 lalu dan Alhamdulillah diterima," kata dia, Sabtu (6/7/2024) di Blora.

Syaikul warga di Kecamatan Jepon Blora tersebut menceritakan bahwa selama hampir 7 tahun berinteraksi langsung dengan para peserta JKN KIS di dua kecamatan, dirinya mengaku ada kepuasan tersendiri dalam menjalankan tugas sebagai Kader JKN, mitra BPJS Kesehatan.

Kala itu, kata Syaikul, ada seorang ibu rumah tangga (Anjar) warga Blora Kota sedang hamil tua, kisaran 7-8 bulan umur kandungannya dan mencoba menghubungi dirinya melalui aplikasi berbayar.

"Si ibu bingung, mas. Mau membayar administrasi bulanan BPJS Kesehatan," kata dia, saat ditemui wartawan Suara Indonesia.

Berkat jalinan komunikasi yang sudah terbangun tahunan itu, Syaikul Kader JKN mengatakan segera mendatangi rumah Anjar, membantu memberikan akses pelayanan administrasinya.

"Dapat membantu peserta yang kesulitan dalam membayarkan iuran, adalah kepuasan tersendiri. Termasuk halnya ibu Anjar yang sedang hamil tua," paparnya.

Syaikul mengaku ada beberapa peserta JKN KIS yang membayar iuran setiap bulannya dan merasa sangat terbantu berkat hadirnya dirinya ditengah hiruk pikuk aktivitas masyarakat."

Dengan senang hati, menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Kader JKN. Tulus dan ikhlas membantu sesama dalam pelayanan," paparnya.

Ia juga mengaku turut memberikan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat tentang perkembangan perkembangan BPJS Kesehatan kepada warga.

"Sering memberikan edukasi, pentingnya kesehatan. Sehat mahal, sakit pun jauh lebih mahal. BPJS Kesehatan selalu hadir untuk masyarakat," imbuhnya.

Sementara salah satu peserta JKN KIS asal Kelurahan Tempelan Blora (Alfa) mengaku bahwa hadirnya Kader JKN banyak membantu dalam mengurus administrasi dan informasi update seputar BPJS Kesehatan.

"Terima kasih Kader JKN turut hadir ditengah masyarakat, jemput bola dan banyak membantu," ungkap perempuan yang juga seorang pekerja.

"Kader JKN sangat membantu banyak hal, memberikan informasi hingga pelayanan administrasi," imbuhnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV