SUARA INDONESIA

Ratusan Santri Al-Azhar Kairo Rayakan Harlah 1 Abad NU

Lutfi Hidayat - 19 February 2023 | 11:02 - Dibaca 1.50k kali
Khazanah Ratusan Santri Al-Azhar Kairo Rayakan Harlah 1 Abad NU
Warga NU Mesir nyanyikan Mars Yahlal Wathan di Auditorium Markaz Syaikh Zayed Komplek Universitas Al-Azhar, Kairo pada Kamis malam (16/02/2023)

KAIRO, Suaraindonesia.co.id - Perayaan Harlah 1 Abad NU tak hanya ramai digelar di Indonesia.

Warga Nahdliyin di Mesir juga tak mau ketinggalan menyambut abad ke-2 Ormas Islam terbesar di Indonesia itu.

Sedikitnya 700 warga NU Mesir memadati Auditorium Markaz Syaikh Zayed Komplek Universitas Al-Azhar, Kairo pada Kamis malam (16/02/2023) lalu.

Perayaan 1 Abad NU tersebut juga dalam rangka peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Konferensi Cabang (Konfercab) XII Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Mesir.

Acara dibuka dengan Istigasah Kubra dan pembacaan Salawat Nariyah dipimpin oleh Gus Muhammad Tholhah Fayyadl.

Sementara pembukaan Konfercab XII PCINU Mesir dilakukan dengan tabuhan rebana oleh Rais Syuriah PCINU Mesir KH. Muchlason Jalaluddin, KUAI KBRI Kairo M. Ali Surya, Ketua Tanfidiyah PCINU Mesir Agus Ahmad Rikza Aufarul Umam dan Ketua Panitia Konfercab XII PCINU Mesir Razi Alif Alfaiz.

Banyak harapan dalam momentum menyambut abad ke-2 NU tersebut. Nahdliyin Mesir memampangnya pada ratusan sticky notes. 

Warga NU di luar Indonesia berharap Nahdlatul Ulama dapat lebih mendominasi di berbagai negara di dunia, sehingga Islam sebagai Rahmatan Lil 'Alamin dapat dirasakan oleh warga dunia.

"Wahai santri Al-Azhar (Mesir), selamat datang di abad kedua Nahdlatul Ulama," seru Rais Syuriah PCINU Mesir, KH. Muchlason Jalaluddin.

Rais Syuriah PBNU KH. Muhammad Cholil Nafis, menyampaikan tausyiah virtual untuk merefleksi perjalanan panjang 1 abad NU.

Ia meminta santri dan alumni lulusan Mesir terus menjaga Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah dalam setiap sendi kehidupan.

Panitia Konfercab XII PCINU Mesir, Muhammad Afifullah Al-Asy'ari mengatakan PCINU Mesir memberikan penghargaan beberapa kategori terhadap Lembaga PCINU Mesir.

"Kami kemas dalam PCINU Mesir Awards 2023. Ini untuk menghargai dan memotivasi lembaga-lembaga PCINU Mesir yang telah bekerja keras dalam menjalankan programnya," ujar Afif, sapaan akrabnya.

Kekompakan warga NU di Mesir ini, diharapkan menjadi modal besar dalam meneguhkan posisi Nahdlatul Ulama di luar negeri.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV