SUARA INDONESIA

Tingkatkan Kapasitas Keilmuan, KOPRI PMII STIH Genggong Gelar Kompetisi Publik Speaking

Lutfi Hidayat - 25 September 2021 | 19:09
Komunitas Tingkatkan Kapasitas Keilmuan, KOPRI PMII STIH Genggong Gelar Kompetisi Publik Speaking

PROBOLINGGO - Komunikasi publik menjadi salah satu hal penting bagi kaum perempuan, hal itu menjadikan Korp Puteri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Kopri PMII) Komisariat STIH Zainul Hasan Genggong Probolinggo menggelar kompetisi Publik Speaking dan Talk Show.

Tema 'Perempuan dan Legalitas' diangkat pada agenda kaderisasi tahun 2021 itu yang diprakarsai Lembaga Dakwah Kopri (LDK) agar tidak ada lagi pandangan sebelah mata terhadap kemampuan komunikasi publik kaum perempuan.

Kegiatan tersebut digelar di Aula Kampus Universitas Zainul Hasan (Unzah) Genggong Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (29/09/2021).

Sejumlah perwakilan komisariat, alumni, pengurus cabang PMII dan utusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Probolinggo raya hadir pada agenda peningkatan kapasitas (capasity building) tersebut.

Ketua Majelis Pembina Komisariat (Mabinkom) PMII STIH, Lutfi Ishomuddin mengatakan pengembangan keilmuan para kader PMII jangan hanya pada tingkat komisariat.

"Ini bisa jadi rule model dalam kompetisi yang berjenjang dari tingkat komisariat sampai ke pengurus besar. Kalau upgrade skill yang diterima para kader berjenjang, maka akan terbentuk kader PMII yang memiliki kapasitas intelektual yang baik," ungkapnya dalam sesi sambutan.

Ketua Kopri PMII Komisariat STIH, Hafiatur Rofiah menyebut melalui Lembaga Dakwah Kopri bisa menjadi langkah awal bagi Korp Puteri PMII Probolinggo untuk menunjukkan besarnya peran perempuan dalam berbagai sektor formal dan informal.

"Perkembangan zaman menuntut peran perempuan memiliki kedudukan yang sama dibanding laki-laki. Tidak ada pembatasan sosial dan kesempatan dalam menunjukkan potensi diri, karena dalam mata hukum saja kedudukan keduanya sama," tandasnya.

Kompetisi komunikasi publik diharapkan tidak hanya terbatas pada kegiatan ceremonial, tapi juga ada tindak lanjut dan pengembangan keilmuan lainnya.

"Semoga LDK ini tidak putus di tengah jalan, berharap ada tindak lanjut yang dapat menjadikan kader putri PMII bisa mengisi ruang publik dengan berbagai potensinya," kata pengurus Ikatan Alumni PMII (IKA PMII) Probolinggo, Ahmad Hasan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Bidang OKP dan LSM Pengurus Besar (PB) PMII, Seikha Nurrosida untuk memberikan motivasi dalam membangkitkan potensi kader puteri PMII pada ranah publik.


Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV