SUARA INDONESIA

Peringati Harpelnas, BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Pastikan Kemudahan Layanan

Yuni Amalia - 05 September 2023 | 10:09 - Dibaca 1.57k kali
Komunitas Peringati Harpelnas, BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Pastikan Kemudahan Layanan
Teks Foto: Penyerahan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang Sidoarjo pada Harpelnas 2023, Senin (04/09/2023)


SIDOARJO, Suaraindonesia.co.id - Perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) pada Senin (04/09/2023) bagi BPJS Ketenagakerjaan dijadikan momentum khusus untuk mempererat hubungannya dengan peserta. Kegiatan ini dilakukan di semua kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo.

Perayaan Harpelnas 2023 di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, di samping Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo Novias Dewo Santoso, hadir pula Wakil Kepala Wilayah Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Jawa timur H.Tito Hartono, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sidoarjo M.Ainur Rahman AP M.Si, dan Kepala Disnaker Sidoarjo Ainun Amalia S.Sos. Selain mereka, sempat hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Dr. Fenny Apridawati S.KM M.Kes.

Selain memberikan sambutan, para pejabat tersebut menyapa para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang datang. Dan dalam kegiatan ini dilakukan pula penyerahan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris peserta atas nama Almarhumah Kartika Nur Fitriyah dan Almarhum Mochamad Afif Hidayatulloh.

Almarhumah Kartika Nur Fitriyah semasa hidupnya bekerja di PT Ecco Indonesia. Ia meninggal dunia karena sakit. Manfaat program BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan kepada ahli warisnya berupa Jaminan Kematian (JKM) Rp42.000.000,-, Jaminan Hari Tua (JHT) Rp43.390.170,-, Jaminan Pensiun (JP) Berkala Rp507.450,-/bulan, dan beasiswa 2 anak maksimal Rp174.000.000,-, sehingga total Rp259.390.170,-.

Kemudian, Almarhum Mochamad Afif Hidayatulloh, semasa hidupnya karyawan PT. Karya Mutiara Mas Unit Integra. Lajang ini meninggal dunia saat pulang kerja di wilayah Tebel, Sidoarjo. Manfaat program BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan kepada orang tuanya, Mustakim, berupa JKK Meninggal sebesar Rp238.891.930,-, JHT sejumlah Rp7.391.760,-, dan JP Berkala Rp383.400,-/bulan, sehingga total Rp246.283.690,-.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo Novias Dewo Santoso menyampaikan turut belasungkawa atas meninggalnya almarhum dan almarhumah. Dia berharap santunan yang diserahkan bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan. 

Di awal sambutannya, Dewo menyampaikan Selamat Hari Pelanggan Nasional 2023. "Pertama-tama saya mengucapkan selamat hari pelanggan nasional kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo. Hari ini kami ingin memastikan bahwa para peserta benar-benar bisa merasakan kemudahan layanan yang kami berikan," ujar Dewo.

"Selain itu kami juga ingin mendengar masukan dari peserta agar kedepan layanan BPJS Ketenagakerjaan semakin sempurna dan sesuai kebutuhan peserta,” tambahnya. 

Disebutkan, peringatan Harpelnas tahun ini mengusung tema "Kemudahan Layanan Prioritas Kami". Terkait kemudahan ini, Dewo minta agar pengurusan klaim jaminan sosial diurus oleh peserta maupun ahli warisnya sendiri, tidak melalui orang lain. Karena, pihaknya selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, secepatnya, dengan catatan bila berkasnya lengkap. 

Ditambahkan, peringatan Harpelnas 2023 ini BPJS Ketenagakerjaan kian menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta.

sekaligus memastikan seluruhnya telah merasakan kemudahan layanan yang diberikan BPJS ketenagakerjaan.

Mewakili Bupati Sidoarjo, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sidoarjo M.Ainur Rahman AP M.Si mengatakan, momentum peringatan Harpelnas 2023 ini diharapkan akan menguatkan perlindungan bagi pekerja khususnya di Sidoarjo. 

Karena, lanjut Ainur, pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo sudah semakin baik, dalam artian mudah dan cepat. "Mengurus klaim BPJS Ketenagakerjaan sekarang sudah tidak sulit dan tidak ribet. Komitmen melayani yang terbaik sudah tidak diragukan lagi," tambahnya.

Ainur juga menyampaikan apresiasinya atas kecepatan layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo. Pihaknya turut mendorong seluruh masyarakat pekerja di Sidoarjo memanfaat program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini.

Dalam memperingati Harpelnas 2023 ini, BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo juga mengedukasi para peserta yang hadir melalui kuis dan game. Bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan seputar BPJS Ketenagakerjaan diberikan hadiah souvenir. Tidak hanya itu, spesial hari ini BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan makanan dan minuman gratis. 

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo juga melakukan kunjungan ke Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), yakni Rumah Sakit (RS) Delta Surya, RS Siti Hajar, dan RSUD Sidoarjo. Tujuannya, selain bezuk peserta yang sedang dirawat, sekaligus memberikan apresiasi kepada PLKK. 

"Di Harpelnas ini kami juga perlu memberikan apresiasi pada PLKK atas perawatan dan pengobatan kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja hingga sembuh dan kembali bekerja," pungkas Dewo. 


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV