SUARA INDONESIA

AMSI Jatim Siap Gelar Rakerwil di Mojokerto

Mustakim Ali - 16 June 2022 | 19:06
Komunitas AMSI Jatim Siap Gelar Rakerwil di Mojokerto

MOJOKERTO - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur bakal menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Kota Mojokerto.

Rakerwil yang dijadwalkan digelar pada 18 sampai 19 Juni 2022 itu akan dilengkapi dengan city tour di Bumi Majapahit yang bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Kota Mojokerto.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto, Santi Ratnaning Tias mengatakan, momen tersebut menjadi waktu yang tepat untuk mengenalkan potensi Kota Mojokerto kepada para pimpinan media, khususnya siber.

Menurut Santi, Rakerwil AMSI Jatim itu bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Kota Mojokerto. Sehingga momen itu akan dimanfaatkan untuk mengenalkan potensi kota dengan tiga kecamatan tersebut.

"Terutama pariwisata dan UMKM. Dalam city tour nanti salah satu destinasi wisata yakni sekolah Soekarno kecil, yakni di SDN Purwotengah dan SMP Negeri 2. Selain ke sekolah Soekarno kecil, destinasi lainnya adalah kunjungan ke UMKM yang ada di Kota Mojokerto," terang Santi, Kamis (16/6/2022).

Selain city tour untuk anggota AMSI Jatim, HUT ke-104 Kota Mojokerto itu juga akan disemarakkan dengan berbagai acara yang digelar mulai 16 Juni hingga 1 Juli 2022. Di antaranya Kota Mojokerto bersholawat bersama Habib Syech pada 16 Juni 2022.

Lalu festival kuliner pada 17 Juni, Jatim Ampuh 24 Juni-1 Juli, Parade Mojo Bangkit 25 Juni, Job Fair dan pagelaran seni budaya pada 28 Juni, Parade Drum Band pada 29 Juni, Elingpiade 1 Juli serta penutupan Muhibah Budaya Jalur Rempah pada 2 hingga 3 Juli 2022.

Sementara Ketua AMSI Jawa Timur, Arief Rahman menyebut bahwa pihaknya terus menegaskan komitmen untuk menyajikan informasi yang sehat dan konten berkualitas bagi publik. Sekaligus profesionalitas pengelolaan media yang berujung pada model bisnis era digital secara berkelanjutan (sustainable).

Menurut Arief, Rakerwil AMSI Jatim 2022 kali ini mengusung tema "Menuju Ekosistem Digital untuk Kebangkitan Ekonomi Kreatif dan UMKM Jawa Timur".

Dalam rangkaian Rakerwil ini, akan digelar pula seminar yang menghadirkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sebagai keynote speaker. Adapun Wali Kota Mojokerto Hj Ika Puspitasari SE dan Direktur Utama PT Arkadia Digital Media, Suwarjono, dan Kukuh Dwi Kristianto Manager Regional Engangement & Sustainability PT HM Sampoerna Tbk., akan menjadi narasumber utama.

"Ini merupakan wujud kontribusi AMSI Jatim untuk membangun ekosistem digital berbasis bisnis kolaboratif. Mengingat masih banyak aspek yang perlu dibangun dalam penciptaan ekosistem digital yang terus berkembang secara eksponensial," terang Arief.

Arief menambahkan, Rakerwil di Bumi Majapahit tersebut sekaligus menjadi penanda kebangkitan ekonomi kreatif dan UMKM Indonesia dalam percaturan global.

"Kebesaran Majapahit memberikan teladan kuat bagi kita, Jawa Timur dan Indonesia, agar mampu menjadi global player melalui ujung tombak ekonomi," tegasnya.

Terpisah, Ketua Umum AMSI Pusat, Wenseslaus Manggut menjelaskan, konten yang sehat dan berkualitas akan membantu negara mengatur kehidupan bersama, meningkatkan kualitas berpolitik, kualitas demokrasi, menjaga kohesi sosial dan menghindarkan publik dari konten yang tidak sehat, bombastis, clickbait serta yang mencelakakan.

"Konten berkualitas dan sehat itu adalah kebutuhan bersama. Karena itu harus ada upaya bersama untuk menjaganya," ujar Wenseslaus Manggut.

"Di samping soal sumber daya manusia, masalah kita adalah bahwa ekosistem yang ada tidak memberi insentif untuk menjadi berkualitas. Seperti viral dengan clickbait sering kali lebih menguntungkan ketimbang konten yang mengikuti sekian petuah dalam ilmu jurnalisme," papar dia.

Karena hal menyangkut kehidupan bersama, lanjut Wenseslaus Manggut, upaya yang digagas oleh tim media sustainability Dewan Pers, tentu bukan untuk kepentingan industri media belaka. Itu adalah jalan agar media tetap mengabdi kepada kepentingan publik, serta menguatkan unsur kepentingan bersamanya.

"Semua elemen. Civil society, legislatif, para pebisnis, platform dan pemerintah harus mendukung upaya ini," tandasnya.

Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) AMSI Jatim 2022 ini didukung penuh oleh Pemerintah Kota Mojokerto, PT HM Sampoerna, Tbk., Djarum Foundation, PT Petrokimia Gresik, Pelindo, Indosat Ooredoo Hutchison, Telkomsel dan Grab.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya