SUARA INDONESIA

Cetak Generasi Muda Berwirausaha, HIPMI Perguruan Tinggi Cilacap Dibentuk

Satria Galih Saputra - 26 May 2023 | 15:05 - Dibaca 917 kali
Komunitas Cetak Generasi Muda Berwirausaha, HIPMI Perguruan Tinggi Cilacap Dibentuk
Pelantikan Pengurus HIPMI Perguruan Tinggi Cilacap (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi (PT) Cilacap resmi dibentuk. 

Pembentukan HIPMI Perguruan Tinggi (PT) ditandai dengan pelantikan pengurus Masa Bhakti 2023-2026 pada Kamis (25/5/2023). 

Dalam kesempatannya, Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Cilacap, Husni Bawazir berkesempatan melantik di Auditorium Universitas Al Irsyad Cilacap. 

Ketua BPC HIPMI Cilacap, Husni Bawazir saat ditemui mengungkapkan, dibentuknya HIPMI PT ini untuk mencetak generasi muda yang nanti akan diarahkan belajar bersama dengan HIPMI Bisnis. 

Lebih lanjut, kata Husni, pihaknya ingin mencetak generasi HIPMI bisnis yang muda-muda untuk meneruskan bisnis kedepan melalui wirausaha. 

Dimana, lanjut Husni, di dalamnya terdapat beberapa bisnis atau usaha yang sudah berjalan diantaranya bisnis digital, bisnis kuliner dan lain sebagainya.

"Jadi setelah selesai kuliah, mereka bisa merintis usahanya masing-masing. Kalau bicara peluang banyak, nanti mereka bisa memulainya menjadi distributor terlebih dulu, belajar keagenan supaya kedepannya bisa mandiri," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, pengurus HIPMI PT juga dibekali pengetahuan keorganisasian melalui materi yang diberikan oleh Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kelembagaan (OKK) HIPMI Cilacap, Ariston Sultana. 

Menurut Ariston, HIPMI PT perlu dibekali dengan pengetahuan keorganisasian agar paham HIPMI dan sejarahnya.

"Jadi kita harus tempa dulu, kita motivasi dulu, kita beri pemahaman ke mereka bahwa HIPMI itu sejarahnya seperti ini dan kalian itu apa saja yang didapatkan nanti setelah masuk HIPMI, apa yang harus kalian lakukan nantinya itu akan saya jelaskan di materi tentang keorganisasian," katanya. 

Ariston menyebut, bahwa HIPMI Perguruan Tinggi merupakan kawah candra dimuka HIPMI Bisnis, dengan bekal pengkaderan untuk bisa masuk ke dunia usaha yang lebih menantang.

Diharapkan selama satu periode, HIPMI Perguruan Tinggi ini dapat meneruskan tongkat estafet di HIPMI Bisnis.

"Mereka harus bersyukur dan beruntung bisa masuk HIPMI Perguruan Tinggi karena banyak orang yang sebenarnya butuh informasi dan ilmu yang mereka tidak dapatkan di luar HIPMI,” ujar Ariston.

Diungkapkan Ariston, bahwa HIPMI merupakan satu-satunya organisasi pengusaha muda yang memang disiapkan untuk menjadi pengusaha tangguh dan bisa berkompetisi di dunia global. 

Selain materi tentang keorganisasian, adapun materi lain yang diberikan seperti Wawasan Kebangsaan oleh Kapten Tugirun, dan kunci sukses oleh Indra Wong. Kemudian materi tambahan oleh BNN Cilacap dan KPU Cilacap.

Sementara itu, Ketua Umum HIPMI Perguruan Tinggi (PT) Cilacap, Rizki Anugrah Pratama menyampaikan, setelah dilantik, pihaknya akan menjalankan tiga program prioritas yaitu Road Show Bisnis, Biro Tour and Travel dan HIPMI Goes to School. 

Untuk program Road Show Bisnis, Rizki mengatakan, HIPMI PT akan membuat pelatihan digital marketing di 6 titik di 24 Kecamatan dengan melakukan praktek dan pemasaran produk-produk HIPMI PT.

"Dan kita juga memiliki program biro tour and travel. Jadi nanti kita akan sosialisasi terkait pariwisata di Kabupaten Cilacap, karena kebanyakan SMA/SMK kalau liburan itu ke luar kota, dan kita upayakan besok sosialisasi untuk wisata di Cilacap," tambahnya. 

Sedangkan berkaitan dengan program HIPMI Goes to School, pihaknya akan turun ke sekolah-sekolah, bekerjasama dengan dinas terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kemenag Cilacap. 

"Nanti kita coba masuk ke sekolah-sekolah dan pesantren yang ada di Cilacap kemudian membentuk pelajar dan santri pleaner, kita akan latih mereka berwirausaha," tutur Rizki. 

Selanjutnya HIPMI PT juga akan melakukan pembentukan HIPMI Perguruan Tinggi di 15 kampus di Cilacap. 

"Insyaallah kita akan mulai 2 bulan kedepan, setelah itu kita melakukan pelantikan HIPMI PT se-Kabupaten Cilacap," ucap Rizki. 

Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Cilacap, M. Wijaya yang hadir dalam acara itu mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut.

Menurut Wijaya, tanggung jawab sosial dalam membangun Cilacap tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah saja, namun seluruh elemen masyarakat pun harus ikut merawat, termasuk HIPMI.

“Pengkaderan bagi yang mempunyai jiwa entrepreneur, wiraswasta ini sangat bagus, sehingga kelak saat terjun di dunia swasta, mereka sudah matang karena mindset entrepreneur tidak mudah, harus dipersiapkan sejak awal agar para pemula ini tertanam jiwa entrepreneurnya," ujarnya. 

Wijaya berharap kedepan banyak pengusaha di Cilacap yang mendunia, paling tidak menjadi pengusaha tingkat nasional.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV