SUARA INDONESIA

Mengenal Bakdabak, Cireng Khas Madura Yang Dicocol Dengan Petis

Wilda Natasya - 04 October 2021 | 20:10
Kuliner Mengenal Bakdabak, Cireng Khas Madura Yang Dicocol Dengan Petis

JEMBER- Madura memiliki banyak makanan khas, mulai dari cemilan hingga menu yang berat. Bagi anda pecinta cemikan khas daerah kerapan sapi, wajib mencoba salah satu jajanan yang banyak diburu oleh masyarakat yakni "Bakdabak".

Cemilan yang berasal dari Kecamatan Prenduan, Kabupaten Sumenep tersebut berbahan dasar tepung terigu, tepung kanji, daging ikan asli serta tidak menggunakan pengawet buatan.

Bakdabak memiliki bentuk dan rasa yang hampir mirip dengan cireng, yang membedakan adalah aroma dari daging ikan dan teksturnya jauh lebih padat.

Meskipun semua jenis ikan dapat dijadikan bahan dasar pembuatan Bakdabak, namun sejauh ini produsen lebih sering menggunakan ikan kocol dan ikan tengiri.

"Semua jenis ikan itu bisa, tapi kalau kami lebih sering pakainya kocol dan tengiri," ungkap Anis salah satu penjual Bakdabak khas Prenduan.

Tak hanya digoreng, cemilan yang cocok dinikmati dalam keadaan panas ini, hadir dengan berbagai varian, diantaranya. Bakdabak goreng, yang bentuknya sangat mirip dengan cireng khas Bandung. Bakdabak burbur, jenis ini disajikan dengan cara dikukus dan ditempatkan diatas daun pisang. Selanjutnya bakdabak mudzakkar, untuk yang satu ini bentuknya menyerupai empek-empek lenjer.

Menikmati bakdabak belum lengkap rasanya, jika tidak disandingkan dengan cocolan sambal petis khas pulau Garam. Rasa gurih, asin dan pedas bercampur menjadi satu dan sangat memanjakan lidah penikmatnya.

Sampai saat ini, jenis Bakdabak goreng dan sambal petis masih menjadi best combo di hati para penikmatnya.

"Kalau untuk petis, kita ada levelnya. Bahkan kita juga menjual terpisah, jadi yang hanya mau membelu petisnya saja bisa," tambah Anis.

Sementara untuk harganya sendiri cukup bervariasi, mulai dari Rp. 5000 sampai Rp. 20000 untuk Bakdabak yang siap makan dan Rp. 40000/Kg dalam bentuk adonan.

Bagi anda yang berada di luar Madura, tidak perlu khawatir akan kehabisan menu khas ini. Karena pemesanan Bakdabak bisa dikirim hingga ke luar pulau.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV