SUARA INDONESIA

Nikmat dan Menghangatkan Badan. Wedang Cor Mbah As, Minuman Legendaris Asli Kota Jember

Ambang Hari - 03 November 2021 | 19:11
Kuliner Nikmat dan Menghangatkan Badan. Wedang Cor Mbah As, Minuman Legendaris Asli Kota Jember

SUARA INDONESIA - Kabupaten Jember memiliki ragam kuliner yang tidak kalah nikmat dibandingkan kuliner-kukiner dari daerah lain di Indonesia.

Salah satu contohnya adalah Wedang Cor, jenis minuman berbahan dasar tape ketan, susu dan jahe yang merupakan kuliner asli dari Kabupaten Jember.

Jika ingin instan, Wedang Cor ini dapat kita jumpai di beberapa cafe yang tersebar di sudut-sudut Kota Jember.

Namun, yang paling terkenal adalah Warung Wedang Cor milik Mbah As yang terletak Jl. Singosari, Kebonsari, Jember atau dibelakang Kantor KPH Perhutani.

Campuran Wedang Cor ini biasanya berwarna putih cenderung abu-abu. Proses pembuatan dan warna inilah yang membuat minuman legendaris ini diberi nama atau sebutan demikian.

Cukup masuk beberapa meter saja melalui gang di sebelah timur KPH Perhutani Jember, kita akan menemukan lokasi kuliner legendaris ini.

Kalian bisa mampir setiap hari, perihal jam buka, tempat satu ini biasanya beroperasi mulai pukul 16.00 sore hingga 01.00 dini hari.

Wedang Cor ala Mbah As ini tentunya berbeda dari yang disajikan di warung lain. Unsur yang membuatnya spesial adalah tape ketan dan susunya.

Racikan wedang di sini dibuat menggunakan tape ketan hitam hasil dengan resep turun temurun dari keluarga Mbah As.

Sementara susu kental manis yang digunakan bukan sembarang susu. Benar-benar dipilih dari merek khusus yang memang terkenal enak dan mempunyai cita rasa yang khas. 

Warung milih Mbah As bisa dibilang sangat sederhana sekali. Hanya memanfaatkan sebuah pos yang diisi meja dan kursi kayu seadanya.

Di bagian depan dan samping juga tampak gelaran tikar untuk pelanggan yang ingin lesehan. Penerangan di dalamnya pun seadanya, bahkan bisa dibilang redup atau tidak terlalu terang.

Meski serba terbatas, suasana di dalam warung ini sangat nyaman dan bikin kangen untuk datang lagi.

Namun yang paling utama tentu saja adalah rasa Wedang Cor-nya yang begitu melegenda. Benar-benar enak dan selalu dirindukan.

Selain produk utama yakni Wedang Cor, warung ini juga menyediakan aneka ragam gorengan yang begitu lezat jika kita nikmati dengan segelas Wedang Cor yang hangat.

Untuk budget yang diperlukan agar bisa menikmati Wedang Cor ini, kita hanya perlu menyediakan uang Rp. 8000 untuk Wedang Cor nya saja, sedangkan untuk gorengan nya, hanya di patok dengan harga Rp. 500 saja per item.

Bagaimana? Tertarik Untuk Mencoba?

Pewarta : Ambang Hari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV