SUARA INDONESIA

Wajib Beli, Ini 6 Rekomendasi Oleh-oleh Jajanan Khas Cilacap

Satria Galih Saputra - 06 August 2023 | 08:08 - Dibaca 4.66k kali
Kuliner Wajib Beli, Ini 6 Rekomendasi Oleh-oleh Jajanan Khas Cilacap
Salah satu makanan ringan khas Cilacap kerupuk tengiri (Foto : istimewa)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Kabupaten Cilacap, namun pulang tidak membawa oleh-oleh makanan khas Kabupaten yang terletak di ujung Selatan Jawa Tengah ini. 

Makanan ringan produk asli lokal ini wajib untuk dibeli karena selain pas sebagai buah tangan atau oleh-oleh, juga bisa untuk cemilan di rumah. Soal rasa sudah pasti dijamin enak dan bikin ketagihan. 

Berikut 6 makanan oleh-oleh khas Cilacap yang paling diminati:

1. Kerupuk Tengiri

Kerupuk tengiri buatan Cilacap ini berbahan utama ikan tengiri. Tak seperti kerupuk pada umumnya, kerupuk satu ini berbentuk bulat agak lonjong. Rasanya tentu sangat gurih dan renyah. Cocok untuk cemilan atau dijadikan sebagai lauk. 

2. Keripik Sukun

Keripik sukun adalah salah satu makanan khas Cilacap yang wajib untuk dicoba. Keripik ini terbuat dari sukun yang diiris tipis kemudian digoreng sampai kering dan renyah. Pas dan enak dimakan saat santai sembari menikmati secangkir kopi atau teh hangat di rumah. 

3. Lanting

Lanting dari Cilacap ini terbuat dari singkong dengan bentuknya unik menyerupai angka 8. Rasanya sudah tentu gurih dan memiliki 2 varian rasa yakni asin dan manis. Sangat cocok untuk cemilan disaat kumpul bareng keluarga, saudara maupun teman. 

4. Sale Pisang 

Sale pisang buatan Cilacap ini memiliki cita rasa legit yang khas. Makanan ini terbuat dari pisang dan berbentuk persegi panjang tipis dengan warna kecoklatan. Sangat pas untuk mengganjal perut disaat lapar. Selain itu, cocok untuk teman santai di sore hari. 

5. Stik Sukun

Berbeda dengan keripik sukun, kendati stik sukun berbahan dasar sama yakni sukun, namun stik sukun ini memiliki bentuk lain yaitu seperti balok panjang namun berukuran kecil. Makanan khas Cilacap ini diolah dengan cara digoreng. Rasanya yang renyah, pas untuk cemilan. 

6. Keripik Tempe 

Makanan jenis kripik ini berbeda dari biasanya karena terbuat dari tempe dan unik dilihat karena bentuknya yang bulat dan tipis. Sangat gurih dan renyah apabila dimakan. Produk Cilacap ini, selain untuk makanan cemilan, bisa juga untuk pengganti lauk kerupuk. 

Semua oleh-oleh khas Cilacap tersebut dapat anda beli dan dapatkan di toko pusat oleh-oleh maupun sejumlah supermarket yang tersebar di wilayah Kota Cilacap.

Soal harga tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau. Bagi anda yang sedang bepergian ke Cilacap silahkan untuk membelinya sebagai oleh-oleh. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV