SUARA INDONESIA

Pola Lintasan Ujian Praktek SIM Polres Blitar Kota Diganti, Yuk Intip Kemudahannya

Arik Susanto - 06 August 2023 | 15:08 - Dibaca 802 kali
News Pola Lintasan Ujian Praktek SIM Polres Blitar Kota Diganti, Yuk Intip Kemudahannya
Jalur ujian praktek SIM C baru Polres Blitar Kota. (Foto: Susanto/Suaraindonesia.co.id).

BLITAR, Suaraindonesia.co.id - Polres Blitar Kota memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak mengurus Surat Ijin Mengemudi (SIM) C.

Kini pola lintasan ujian praktek SIM diganti menjadi garis lurus dan berbelok menyerupai huruf "S". Sebelumnya, pola lintasannya berupa angka 8 dan zig zag yang membuat mayoritas peserta praktek mengalami kesulitan.

Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Mulya Sugiharto, mengatakan kebijakan terbaru ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri dan segera diindaklanjuti. Perubahannya terletak pada jalur baru yang lebih lebar, sebelumnya lebarnya hanya 120 cm dan kini menjadi 160 cm, sehingga jalur tidak sempit. Hal tersebut juga dari kajian rata-rata lebar kendaraan roda dua 80 cm.

"Pola lintasan berupa zig zag dan angka 8 sudah dihapus. Dengan pola yang baru dan lebih lebar, diyakini bisa lebih memudahkan masyarakat atau pemohon SIM C untuk melakukan ujian praktek," tutur dia, Minggu (06/08/2023).

Menurut AKP Mulya Sugiharto, Satlantas Polres Blitar Kota juga memberikan fasilitas berupa latihan ujian praktek terlebih dahulu bagi para pemohon SIM C. Kegiatan latihan itu dilakukan sepekan sekali setiap hari Rabu pukul 14.00 WIB.

Tujuan adanya fasilitas ini agar masyarakat tidak sampai mengalami kegagalan berkali-kali saat menjalani ujian praktek SIM. Selain itu, pihaknya juga memfasilitasi bagi masyarakat atau pemohon SIM C dengan membagikan bank soal dan brosur. Dalam bank soal itu, pemohon bisa belajar terlebih dahulu, sebelum menjalani ujian teori.

"Terkait dengan traffic light saat ujian praktek itu memang menjadi tujuan kami. Ke depan, juga semakin diperbaiki dengan diilustrasikan seperti di jalan raya. Misalnya, di jalan raya ada lampu merah yang berarti berhenti, lampu kuning yang artinya persiapan dan hijau untuk jalan," kata dia.

Seorang warga pemohon SIM C di Polres Blitar Kota, Gito Purwaji mengaku senang dengan adanya perubahan pola lintasan saat ujian praktek SIM C. 

Dia menilai, dengan pola lintasan yang lama dirasa sangat menyulitkan dan membuatnya beberapa kali gagal saat menjalani ujian praktek guna mendapatkan SIM C.

"Saya berharap dengan adanya perubahan ini, mudah mudahan nanti bisa langsung lulus dan dapat SIM C," terangnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV