SUARA INDONESIA

17 Parpol di Jombang Serahkan Berkas Dokumen Perbaikan, KPU Sebut Ada 615 Bacaleg

Gono Dwi Santoso - 12 August 2023 | 13:08 - Dibaca 720 kali
News 17 Parpol di Jombang Serahkan Berkas Dokumen Perbaikan, KPU Sebut Ada 615 Bacaleg
Proses penerimaan berkas perbaikan dokumen Bacaleg di kantor KPU Jombang. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Tujuh belas partai politik (Paepol) mendatangi kantor KPU Kabupaten Jombang, untuk menyerahkan berkas dokumen perbaikan Bacaleg yang akan berkompetisi pada Pemilu 2024 mendatang.

Penyerahan berkas dokumen tersebut dilakukan di gedung Husni Kamil Manik Kantor KPU Jombang dengan batas waktu akhir sampai hari Jumat malam, pukul 24.00 WIB. 

Masing-masing Parpol peserta Pemilu 2024 tersebut, menyerahkan berkas perubahan daftar calon sementara (DCS) hasil pencermatan oleh Parpol. Setelah dilakukan penyerahan, selanjutnya KPU Jombang akan melakukan penelitian verifikasi sampai 15 Agustus 2023.

Komisioner KPU Jombang Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu, As'ad Choirudin mengatakan, sebanyak 17 partai politik di Kabupaten Jombang sudah menyerahkan berkas dokumen pencermatan perbaikan Bacalegnya.

"Selanjutnya tanggal 12 sampai 15 Agustus 2023, KPU Jombang melakukan penelitian berkas yang sudah diserahkan oleh partai politik untuk dilakukan verifikasi sampai tanggal 15 Agustus 2023," terangnya.

As'ad menambahkan, setelah dilakukan verifikasi oleh KPU Jombang selanjutnya masuk pada tahapan penyusunan daftar calon sementara (DCS) tanggal 16-18 Agustus. Kemudian di tanggal 18 Agustus itu juga akan ditetapkan sebagai daftar calon sementara. 

"Setelah ditetapkan, akan muncul surat keputusan daftar calon sementara. Kemudian tanggal 19 Agustus kita umumkan daftar calon sementara sampai tanggal 23 Agustus 2023," terangnya.

As'ad Choirudin menyebut Bacaleg di Kabupaten Jombang sebanyak 588 ditambah dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebanyak 27 orang. Jadi total Bacaleg sebanyak 615 orang di Kabupaten Jombang.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Jombang, Didik Darmadi mengatakan, berkas perbaikan 50 Bacaleg (PKS-red) sudah diserahkan semua untuk dilakukan verifikasi.

"Memang ada pergeseran Bacaleg yang pindah dapil maupun nomor urut berdasarkan kajian dari tim PKS, terkait nomor urut Bacaleg PKS provinsi maupun pusat agar semakin kompetitif dan mencapai target 8 kursi di DPRD Kabupaten Jombang," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV