SUARA INDONESIA

Pemulung Upacara Bendera di Tempat Pembuangan Sampah Jombang

Gono Dwi Santoso - 17 August 2023 | 18:08 - Dibaca 843 kali
News Pemulung Upacara Bendera di Tempat Pembuangan Sampah Jombang
Suasana upacara bendera peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di TPSA Banjardowo Jombang, (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Puluhan pemulung Kabupaten Jombang mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kamis (17/08/2023), di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) yang berada di Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang.

Kegiatan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang bersama penggiat lingkungan dan para pelajar setempat ini dilakukan setiap tahun di TPSA.

Kepala DLH Jombang Miftahul Ulum mengatakan, upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di TPSA bertujuan untuk mengedukasi terhadap masyarakat Kabupaten Jombang terkait mengurangi sampah plastik.

"Kita melakukan upacara di TPSA ini untuk menyampaikan pesan terhadap masyarakat Jombang untuk mengurangi sampah plastik," kata Ulum—sapaannya, Kamis (17/8/2023).

Ulum menjelaskan, upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengurangi sampah plastik sudah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 56 tahun 2022 tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik.

"Pesan dalam upacara kemerdekaan ini untuk merdeka dari sampah plastik dan membangun dari diri kita sendiri. Selain itu membangkitkan ruh kita untuk selalu tanpa lelah untuk berjuang mengurangi sampah plastik," terangnya.

Ulum menambahkan, sampah yang masuk di TPSA Banjardowo setiap hari sebanyak 130 ton sampah, dari 13 Kecamatan di Jombang. Namun, sampah belum semua bisa terserap, hanya mampu 30 persen dari kapasitas 530 ton per hari di TPA Banjardowo.

"Dari luas lahan 39 hektar, sudah terisi 17 hingga 18 persen, oleh sebab itu kami ingin merdeka dari sampah plastik dengan strategi upaya edukasi melalui upacara hari kemerdekaan," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV