SUARA INDONESIA

Pemkab Situbondo Klaim Seluruh Desa Berstatus Maju atau Mandiri di 2024

Syamsuri - 23 August 2023 | 13:08 - Dibaca 761 kali
News Pemkab Situbondo Klaim Seluruh Desa Berstatus Maju atau Mandiri di 2024
Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2023, di Aula Lantai II Sekdakab Situbondo. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Sebanyak 34 Desa berkembang di Kabupaten Situbondo statusnya akan naik menjadi desa maju di tahun 2024. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Situbondo, Karna Suswandi saat membuka acara Sosialisasi dan Evaluasi Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2023, di Aula Lantai II Sekdakab Situbondo. Rabu (23/08/2023)

Karna Suswandi meminta seluruh Camat untuk mencatat desa mana saja yang masih berstatus desa berkembang. Sehingga desa-desa tersebut menjadi prioritas program pemerintah.

"Saya minta Camat agar mencatat biar tidak lupa. Sehingga catatan tersebut akan menjadi prioritas pelaksanaan program kegiatan di masing-masing desanya. Khususnya untuk Kecamatan Banyuglugur, Jangkar, Jatibanteng, Sumbermalang dan Mlandingan. Lima kecamatan ini perlu adanya penguatan dan pendamping," tegasnya.

Bung  Karna–sapaan Bupati Situbondo ini, juga meminta Kepala Dinas PMD agar desa-desa yang statusnya masih berkembang ada perhatian khusus, supaya pada tahun depan statusnya sudah naik menjadi desa maju dan mandiri," tandasnya.

Lebih lanjut, Bung Karna menegaskan, untuk mewujudkan itu semua tentu butuh kerja keras, sinergitas dan kolaborasi di seluruh stakeholder yang ada, termasuk KPM dan Pendamping Desa.

"Seluruh KPM dan Pendamping Desa bersama Camat dan Dinas PMD berkolaborasi agar bisa meningkatkan status desanya masing-masing," pinta Bupati Situbondo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Situbondo, Suriyatno menjelaskan, IDM adalah indeks komposit yang dibentuk dari 3 jenis indeks. "Yakni indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi atau lingkungan," ujarnya.

Mantan Camat Besuki ini lebih detail membeberkan, di tahun 2023 ini dari 132 desa di Situbondo, sebanyak 34 desa statusnya masih berkembang, sedangkan 63 desa berstatus maju dan 35 desa berstatus mandiri.

"Alhamdulillah untuk desa tertinggal di Situbondo ini nol," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV